Mo Salah Cedera Kepala, Dembele Hamstring

05 May 2019 08:38 Liga Champions

Kemenangan 3-2 yang diraih Liverpool atas Newcastle United, Minggu 5 Mei 2019 dini hari WIB di St. James Park, harus dibayar mahal. Pasalnya, Mohamed Salah mengalami cedera kepala akibat bertabrakan dengan kiper Newcastle, Martin Dubravka di menit ke-68.

Salah harus ditarik keluar lantaran tak mampu melanjutkan pertandingan. Dia digantikan Divock Origi yang akhirnya mencetak gol kemenangan Liverpool. Andai cedera tersebut serius, Salah bisa jadi akan absen saat Liverpool menjamu Barcelona di leg kedua semifinal Liga Champions di Anfield.

Tentu Liverpool akan mengalami kerugian besar jika Salah sampai absen di pertandingan krusial tersebut. Sebab, bersama Sadio Mane dan Roberto Forminho, Salah merupakan tumpuan di barisan depan The Reds.

Salah sendiri tampil produktif di musim ini. Ia telah mencetak 21 gol dan 8 assist. Jumlah golnya membuat Salah saat ini menempati puncak daftar top scorer sementara Premier League 2018-2019. Karena itu, Liverpool akan merasakan kehilangan besar layaknya final Liga Champions musim lalu ketika ia tak bisa melanjutkan pertandingan akibat cedera lengan.

Namun, kegusaran pendukung Liverpool sedikit terobati lewat pernyataan sang manajer Jurgen Klopp usai pertandingan. Pelatih asal Jerman itu menyatakan Salah dalam kondisi baik-baik saja meski masih membutuhkan pemeriksaan medis untuk mengetahui sejauh mana luka yang dialami Salah akibat benturan tersebut.

“Ketika kami datang, dia duduk di ruang ganti menyaksikan pertandingan Newcastle lawan Liverpool. Dia tampak sangat baik-baik saja,” aku Klopp.

Namun untuk memastikan kondisi cedera Salah serius atau tidak, Klopp masih akan menunggu tes medis yang akan dijalani Salah pada hari ini, Minggu 5 Mei 2019. Klopp pun berharap, apa yang tampak di permukaan juga gambaran kondisi sebenarnya Salah pascabenturan.

“Tidak terlihat serius sejujurnya, tetapi cukup bagi dokter untuk memberi kami tanda bahwa kami harus berubah dan itulah yang dilakukan," kata Klopp. 

Jika di kubu Liverpool Mo Salah yang terancam absen, di Barcelona ada Ousmane Dembele. Pemain muda Prancis itu mengalami cedera hamstring saat Barcelona tumbang 0-2 dari Celta Vigo pada Minggu 5 Mei 2019 dini hari WIB.

Kondisi Dembele lebih parah dibanding Salah. Pemain yang harus digantikan ketika pertandingan baru berjalan lima menit itu hampir pasti tidak bisa diturunkan saat Barcelona bentrokan dengan Liverpool di Anfield, Rabu 8 Mei 2019 dini hari WIB.

Untungnya, Dembele bukanlah pemain pilar, meski Barcelona tetap membutuhkan pemain ini untuk melapis Philippe Coutinho.

Reporter/Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini