Misteri Kim Jong Un terjawa, Korea Utara membantah pemimpinnya meninggal.

Misteri Kim Jong Un Terjawab, Korea Utara Sebut Pemimpinnya Sehat

Internasional 27 April 2020 22:10 WIB

Misteri keberadaan Kim Jong Un terjawab. Setidaknya, dari keterangan yang disampaikan petinggi Korea Utara, pada Senin 27 April 2020. Salah satu penasehat keamanan Kim menyebutkan jika pemimpinnnya dalam keadaan sehat dan baik-baik saja.

"Hidup dan sehat," kata Moon Jae-In,penasehat keamanan dari Kim Jong Un. Pernyataan yang menepis rumos jika Kim sakit dan bahkan meninggal diperkuat oleh Moon Chung-in, wakil dari Moon Jae-in, dalam wawancaranya dengan CNN, "Posisi pemerintahan kami kuat," tegasnya.

Moon melanjutkan jika Kim saat ini sedang beristirahat di Wonsan, sebuah peristirahatan di bagian timur Korea Utara, sejak 13 April. Ia lantas menambahkan, "Tak ada gerakan yang mencurigakan sampai saat ini," tambahnya.

Rumor dan pertanyaan tentang kesehatan Kim muncul setelah Kim Jong Un tak hadir dalam perayaan ulang tahun kakeknya, cucu Kim Il Sung, sebuah perayaan yang sangat penting di kalender politik Korea Utara.

Kim juga absen dalam pertemuan Politbiro Partai Buruh pada 11 April. Hilangnya Kim memunculkan berbagai rumor, mulai kondisi kesehatan yang buruk hingga kabar jika dia meninggal.

"Saat ini kami tak punya alasan untuk mengkonfirmasi apapun, dan tak ada gerakan khusus terdeteksi di dalam Korut,' kata jubir kantor kepresidenan setempat, minggu lalu.

Sebelumnya, dialihbahasakan dari nst.com, Daily NK, media online setempat menyebut jika Kim sedang dalam masa penyembuhan usai operasi jantung. Media itu mengutip sumber anonim jika Kim membutuhkan perawatan spesial karena kebiasaan merokok, obesitas, dan kepayahan.

Meski, bukan kali ini saja Kim menghilang. Tahun 2014, Kim sempat menghilang selama enam minggu sebelum kemudian muncul sambil menggunakan tongkat. Ternyata Kim menghilang untuk menjalani operasi kista di sendinya.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jul 2020 11:10 WIB

Sinopsis Godzilla, Serangan Reptil Ganas Akibat Radiasi Nuklir

Film

Reptil bermutasi genetik menyerang kota New York.

05 Jul 2020 11:00 WIB

Secara Nasional UTBK Diikuti 703.875 Peserta

Pendidikan

UTBK 2020 dilaksanakan dalam dua tahap, 5 sd 14 Juli dan 20 sd 29 Juli.

05 Jul 2020 10:59 WIB

AC Milan Panaskan Zona Eropa

Liga Italy

AC Milan masih rawan terlempar karena masih bertemu dua lawan berat

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...