Karenina Sunny, Miss Indonesia 2009 yang mewakili ke ajang Miss World di Afrika 2009 (kanan), bersama Girls Squad cs. (Foto: Instagram)
Karenina Sunny, Miss Indonesia 2009 yang mewakili ke ajang Miss World di Afrika 2009 (kanan), bersama Girls Squad cs. (Foto: Instagram)

Miss Indonesia 2009 Dituding Jiplak Karya BEM FISIP UI

Ngopibareng.id Nasional 26 April 2020 11:00 WIB

Akun Twitter @Kintut_yang mengeluhkan poster organisasi kampusnya dipakai tanpa izin oleh Miss Indonesia. Dalam cuitan itu, ia membandingkan postingan Instagram Miss Indonesia 2009, Karenina Sunny yang mewakili Indonesia diajang Miss World di Afrika, dengan gambar karya BEM FISIP UI.

“Enak banget ya jadi Miss World main nyomot desain terus pas ditegor gaada minta map langsung diganti aja gitu. Padahal anak hukum, kagak ngerti copyrights???,” tulis akun tersebut.

Poster tersebut merupakan gambar untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April. @Kintut_ mengatakan Miss Indonesia itu telah ditegur oleh beberapa orang termasuk dari pihak BEM FISIP UI.

Akun tersebut mengaku prihatin sebab masih ada segilintir orang yang mencatut sebuah karya tanpa menjelaskan sumbernya.

@Kintut_ menuturkan bahwa poster yang dicatut oleh Miss Indonesia itu kini telah dihapus, tetapi hingga saat ini belum ada keterangan atau permintaan maaf dari mantan anggota Girls Squad ini. Cuitan tersebut kemudian viral setelah memperoleh 2,200 retweets serta 3,200 likes.

Banyak netizen memberikan tanggapan terhadap kasus dugaan pengambilan hak cipta itu, mereka mengaku kesal dan tak sedikit dari mereka memberikan teguran terhadap Miss Indonesia itu.

Perlu diketahui bahwa mengambil gambar tanpa mencantumkan sumbernya cukup berisiko. Apalagi bila ternyata gambar yang digunakan merupakan karya orang lain, atau memiliki hak cipta. Kita malah bisa dituduh mencuri.

Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya kita mencari gambar dari sumber yang memang menyediakan foto bebas hak cipta, seperti berikut ini:

1. Kaboompics

Situs ini menyediakan sejumlah gambar yang dapat kita unduh sesuai kebutuhan, bahkan untuk komersial sekalipun. Kaboompics memberikan izin kepada siapa saja untuk mengambil gambar secara bebas di situs ini.

2. Burst

Situs ini merupakan penyedia berbagai foto dan gambar, Burst ditujukan untuk menyediakan para pebisnis stock foto yang mendukung website atau e-commerce mereka.

3. Freerange Stock

Situs ini menyediakan ribuan gambar dan foto bebas hak cipta, Freerange Stock berbasis komunitas, dimana para fotografer atau desainer grafis mengunggah foto mereka.

4. StockPic

Situs ini memberikan beragam foto berkualitas yang dapat digunakan secara gratis. Kita dapat menggunakan berbagai foto dan gambar ini termasuk untuk kebutuhan komersil, asalkan tidak mendistribusikannya ulang.

5. Negative Space

Dalam situs ini menyediakan banyak foto dan gambar gratis yang bisa kita unduh misalnya foto objek hewan dan bangunan.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Nov 2020 22:30 WIB

Sinopsis Rings: Kutukan Video selama 7 Hari

Film

Bioskop Trans TV akan menayangkan film horor Rings.

26 Nov 2020 22:16 WIB

Fans Berebut Lihat Peti Mati Maradona

Dunia

Fans ricuh dengan polisi karena berebut melihat peti mati Maradona.

26 Nov 2020 21:58 WIB

Ambulans vs Motor, Ini Kronologi Versi RS Pemilik Ambulans

Jawa Timur

Pihak rumah sakit pemilik ambulans angkat bicara.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...