Maling kotak amal gentayangan di Kabupaten Malang. (ilustrasi/unsplash.com)

Miris, Komplotan Maling Kotak Amal Gentayangan di Malang

22 Nov 2020 08:55

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Kotak amal di dalam masjid dan rumah ibadah lainnya, sering menjadi sasaran pencurian. Di Kabupaten Malang, sekelompok pencuri bahkan bekerjasama membobol kotak amal di sejumlah masjid.

Kejadian ini terungkap lewat CCTV di Masjid Darul Khoirot di Jalan KH Hasyim Ashari, Desa Banjarejo, Kecamatan Pagelaran. Uang Rp3 juta amblas dari kejadian yang berlangsung pada Kamis, 19 November 2020 lalu.

Dalam rekaman CCTV terlihat, pencurian itu dilakukan oleh tiga orang sekaligus. Diduga mereka adalah seorang ayah, ibu, dan anak laki-laki yang masih kecil. “Melihat rekaman CCTV, pelaku pencurian sepertinya dilakukan satu keluarga,” kata Kapolsek Pagelaran Iptu Sugik Hermawan, dilansir dari New Malang Pos.

Terlihat ketiganya beraksi pada pukul 14.30 WIB. Pelaku masuk ke masjid mengendarai motor Honda Kharisma. Setelah di dalam, laki-laki dewasa kemudian membawa kotak amal yang ada di bagian utara masjid, ke tengah. Dua orang berada di dalam masjid, sedangkan sang ibu mondar-mandir melihat kondisi sekitar masjid.

Setelah kotak amal berhasil dibuka paksa, sang ibu segera mengambil uang dan dimasukkan ke dalam tas, sebelum kabur. Aksi berlangsung sekitar 10 menit ketika masjid sedang sepi.

Iptu Sugik Hermawan melanjutkan, masjid di pagelaran menjadi lokasi yang kedua. Sebelumnya mereka juga beraksi di masjid di Desa Clumprit, pada pukul 11.00 WIB. “Pelaku hanya mengambil sajadah dan mukena. Aksinya juga terekam kamera CCTV,” pungkasnya. (Nmp)