M. Imam Gozali, Aktivis yang mendampingi bocah 12 tahun yang dinikahkan siri ibu angkatnya (foto:Muh Hujaini/ngopibareng.id)

Di Banyuwangi, Anak Umur 12 Tahun Dinikahkan dengan Pria Beristri

Kriminalitas 13 July 2020 19:05 WIB

Seorang anak perempuan berusia 12 tahun berinisial SW dinikahkan secara siri oleh ibu angkatnya. SW dinikahkan dengan seorang pria beristri berinisial NW, 45 tahun. SW diketahui tinggal di Kecamatan Siliragung, Banyuwangi.

"Ada anak umur 12 tahun sama ibu angkatnya dinikahkan dengan laki-laki yang sudah menikah, tapi belum cerai," jelas aktivis yang mendampingi keluarga korban, M. Imam Gozali, Senin, 13 Juli 2020.

Gozali, panggilan Imam Gozali mengatakan, pernikahan siri antara SW dan NW sudah berlangsung selama empat minggu. Selama empat minggu itu, NW setiap hari tidur di rumah tempat tinggal SW dan ibu angkatnya."Kalau masalah digaulinya saya tidak tahu. Itu kewenangan yang berwajib untuk menanyakan itu, sama nantinya divisum," jelasnya.

Dia menambahkan, alasan ibu angkat korban menikahkan anak yang masih duduk di bangku kelas VI Sekolah Dasar itu, karena NW sering membantu biaya kebutuhan keponakannya itu. Bahkan menurut Gozali, ibu angkat korban sempat menyatakan siapa yang membantu biaya hidup SW maka orang itu boleh menikahi SW.

Kasus ini terkuak saat kedua orang tua korban mengetahui anaknya telah dinikahkan siri oleh ibu angkatnya. Orang tua korban dan ibu angkatnya tinggal di desa yang berbeda. Cukup lama orang tua korban tidak mendengar kabar anaknya. Sampai akhirnya didapatkan informasi anaknya telah dinikahkan secara siri.

"Sudah nikah siri selama 4 minggu. Atas persetujuan ibu angkatnya. Tanpa sepengetahuan orang tua kandung," tegasnya.

Bersama orang tua kandung korban, Gozali kemudian menuju ke Polsek Siliragung untuk melaporkan peristiwa itu. Petugas Polsek langsung merespon kejadian itu. Korban, ibu angkat korban, dan NW langsung dimintai keterangan. Kasus ini akhirnya diambil alih unit Perlindungan Perempuan dan Anak Satreskrim Polresta Banyuwangi.

Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifuddin membenarkan adanya laporan dari orang tua korban. Saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan pada korban dan saksi-saksi yang lain.

“Pukul 23.00 WIB, 12 Juli 2020 kami menerima  laporan orang tua korban. Anaknya dinikahkan dengan orang dewasa. Korban umur 12 tahun," jelasnya.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Aug 2020 12:20 WIB

Video Latihan Anggota Paskibra yang hanya Berjumlah 8 Orang

Nasional

Paskibraka tak menyangka bisa dua kali bertugas gara-gara corona.

09 Aug 2020 12:12 WIB

Covid Sudah Membunuh Lebih 100.000 Warga Brazil

Internasional

Akibat Presiden Jair Bolsonaro meremehkan pandemi ini.

09 Aug 2020 12:03 WIB

Manajer Juventus Dipecat, Ronaldo Gak akan Pindah ke Klub Lain

Liga Italy

Meskipun Juve tersingkir dari Liga Champions

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...