Minggu Depan, Rekomendasi PDIP untuk Pilgub Jatim Diumumkan, Siapa yang Diusung ?

08 Oct 2017 09:18 Politik

Surabaya : Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Jawa Timur Sri Untari membenarkan rencana deklarasi penetapan calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung partainya akan digelar pada Minggu 15 Oktober 2017.

"Undangan dari DPP sudah kami terima kemarin. Seluruh DPC se Jatim juga diundang untuk deklarasi di Jakarta," kata Sri Untari, Sabtu 8 Oktober 2017.

Untuk deklarasi ini hampir pasti calon gubernur yang diusung adalah Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Sementara calon wakilnya adalah Abdullah Azwar Anas yang kini menjabat sebagai Bupati Banyuwangi.

"InsyaAllah arahnya demikian. Namun, kami tak bisa memastikan sebelum tanggal 15 Oktober, sesuai undangan acara deklarasi tersebut," ujarnya. Saat ini, DPD PDI Perjuangan baru menerima undangan deklarasi sedangkan salinan keputusan calon menunggu proses deklarasi.

"Kami baru menerima dalam bentuk undangan menghadiri acara deklarasi. Belum ada nama yang disebutkan oleh DPP," ujar Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Timur ini.

Untari menjelaskan sbahwa 90 persen partainya akan mengusung Gus Ipul sebagai calon gubernur. Hal ini didasarkan oleh proses penjaringan yang seluruhnya telah dilalui, baik di tataran DPP maupun DPD.

"Sepuluh persen sisanya tinggal bergantung DPP. Yakni, berdasarkan keputusan Ketua Umum Kami, Ibu Megawati Soekarnoputri," sebutnya.

Selama ini, Gus Ipul memang satu-satunya calon yang mendaftar sebagai calon gubernur dari DPD PDI Perjuangan. Sedangkan Abdullah Azwar Anas menjadi satu dari calon yang mendaftar sebagai calon wakil gubernur. 

Jika PDI Perjuangan jadi mengusung Gus Ipul-Anas, maka otomatis mereka akan berkoalisi dengan PKB. Sehingga PDI Perjuangan-PKB akan memiliki 39 kursi di DPRD Jawa Timur.(wah)

Penulis : Wahidin


Bagikan artikel ini