Mimpi Indonesia Tuan Rumah Olimpiade 2032, Ini Negara Pesaingnya

20 Feb 2019 11:52 Lain-lain

Impian Indonesia untuk menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar se jagad, Olimpiade pada tahun 2032 tidaklah mudah. Indonesia harus bersaing dengan beberapa negara di antaranya Malaysia bersama Singapura, kemudian Jerman, Australia, Rusia, Hungaria, Belanda India, Korea Bersatu serta beberapa negara lainnya.

Dari beberapa negara pesaing, Jerman tampak paling serius dan bahkan telah menawarkan 13 kotanya sebagai venues mulai dari Dusseldorf, Dortmund, Cologne dan Bonn.

Selain itu, Australia juga telah mengusulkan Brisbane dan Melbourne. Australia sendiri sebelumnya telah kalah saat mengajukan sebagai tuan rumah pada tahun 2024 dan 2028.

Sedangkan Rusia mengajukan St. Petersburg, Kazan dan Sochi. Sedangkan Hungaria mengandalkan Budapest dan Belanda mengusulkan Amsterdam.

Indonesia sendiri telah resmi menyerahkan surat dari Presiden Joko Widodo tentang pengajuan sebagai tuan rumah kepada Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach di sekretariat IOC, Lausanne, Swiss.

Penyerahan surat dari Jokowi ini dilakukan oleh Duta Besar Indonesia di Bern, Swiss, Muliaman D. Hadad pada 11 Februari 2019 kemarin.

Penentuan tuan rumah sendiri akan dilaksanakan dalam pertemuan IOC pada 2025 mendatang. (man)

Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini