Gedung Rektorat Universitas Brawijaya

Miliki Banyak Prodi, UB Jadi Peminat Terbanyak SBMPTN

Pojok Unibraw 10 July 2019 15:55 WIB

Universitas Brawijaya (UB), Malang, Jawa Timur, menjadi kampus dengan peminat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) terbanyak dengan jumlah 55.871 orang. 

Tahun ini kuota mahasiswa UB sebanyak 13.213 orang. Jumlah ini naik dibanding dengan tahun lalu yang sebanyak 12.500 orang. Rinciannya 30persen dari SNMPTN, 40persen dari SBMPTN dan 30% dari jalur mandiri.

Melihat banyaknya peminat UB tersebut, Aulani’am, Wakil Rektor (WR) I Bidang Kemahasiswaan (UB), menyatakan hal tersebut disebabkan karena banyaknya program studi yang ada di UB sendiri.  

“Kita di sini ada semua. Beda dengan Unair tidak ada Fakultas Pertanian, di IPB tidak ada Fakultas Teknik, di ITS juga tidak ada Fakultas Pertanian. Selain juga karena akreditasi program studi yang dipilih itu A,” ungkapnya

Aulani’am menambahkan sekitar 52% program studi yang dimiliki oleh UB sudah terakreditasi A. Total ada 75 program studi untuk Strata 1 (S1) yang disediakan oleh UB.

Di sisi lain, Kotok Gurito, Humas UB, mengungkapkan bahwa sebelumnya memang banyak kunjungan dari siswa dan siswi Sekolah Menengah Atas (SMA). Bahkan menurutnya tahun lalu total ada 150 kunjungan ke UB.

“Mungkin saat mereka ke sini, melihat gedung-gedung yang ada di UB bagus-bagus, juga merasakan udara di Malang ini sejuk,” terangnya.

Ia menambahkan selain dari Jawa Timur, peminat UB juga banyak dari daerah lain seperti DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Untuk SBMPTN tahun ini, UB mengambil nilai murni dari Ujian Tulis Berbasis Kompetensi (UTBK) tanpa menyertakan portofolio dan kemitraan daerah. Dari total kuota 13.213 UB mengambil mahasiswa sebanyak 5.285 orang dari SBMPTN.

Sedangkan untuk tes di Jalur Mandiri, pada Kamis, 11 Juli besok, adalah batas pendaftaran terakhir bagi para calon mahasiswa baru. 

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Jul 2020 14:10 WIB

Curi Motor, Pengamen di Malang Didor Polisi

Kriminalitas

Tersangka telah melakukan pencurian sebanyak tiga kali.

09 Jul 2020 11:38 WIB

Lirik Lagu dan Fakta Monster dari Irene dan Seulgi Red Velvet

ngopiK-pop

Lirik lagu dan fakta Monster dari Irene dan Seulgi Red Velvet.

09 Jul 2020 07:04 WIB

24 Lembaga dan Komisi Dikritisi dan Dibubarkan, Kata MemenPAN-RB

Nasional

Pembubaran lembaga negara takkan dilakukan semena-mena

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...