Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan terima kasih kepada kiprah Muhammadiyah di Indonesia . (Foto:Setpres)
Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan terima kasih kepada kiprah Muhammadiyah di Indonesia . (Foto:Setpres)

108 Usia Muhammadiyah, Presiden Sampaikan Sejumlah Apresiasi

Ngopibareng.id Nasional 18 November 2020 21:45 WIB

Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan terima kasih kepada kiprah Muhammadiyah di Indonesia yang telah memberikan banyak karya dan kontribusi dalam perjalanan bangsa.

Hal itu disampaikan oleh presiden dalam sambutannya secara virtual pada acara Milad ke-108 Muhammadiyah seperti yang ditayangkan dalam kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Rabu, 18 November 2020.

"Atas nama masyarakat, bangsa, dan negara saya mengucapkan selamat milad ke-108 kepada persyarikatan Muhammadiyah. Usia yang telah diisi oleh Muhammadiyah dengan banyak karya dan kontribusi, dengan pengabdian yang ikhlas dan sungguh-sungguh, yang semakin kuat dan kokoh bersama waktu," ujarnya.

Kiprah Muhammadiyah di Tanah Air bermula dari gerakan yang dirintis oleh K.H. Ahmad Dahlan untuk berikhtiar membumikan ajaran Al Quran dan hadis ke dalam kehidupan masyarakat Indonesia secara kontekstual dengan berorientasi kepada kemaslahatan masyarakat.

Muhammadiyah juga terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat sebagai upaya mereka untuk meningkatkan derajat masyarakat. Jutaan penduduk Indonesia juga telah merasakan manfaat dari kemajuan dan inovasi yang dilakukan Muhammadiyah.

"Saya melihat langsung dan merasakan kualitas pelayanan amal usaha Muhammadiyah. Cucu saya pertama dilahirkan di RSU PKU Muhammadiyah Solo mengikuti jejak neneknya menjadi bagian dari Muhammadiyah. Ibu Iriana juga pernah kuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta," kata presiden.

Kepala Negara juga sangat menghargai kerja nyata Muhammadiyah yang di masa pandemi ini turut berupaya mengatasi masalah kesehatan dan ekonomi di tengah masyarakat. Melalui tim khusus Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC), pelayanan di 82 rumah sakit di berbagai provinsi, melalui 40 perguruan tinggi, semua bergerak aktif melayani masyarakat melalui program respons Covid langsung sampai ke akar rumput.

"Pada kesempatan yang baik ini saya menyampaikan terima kasih kepada para dokter, tenaga medis, serta tenaga kesehatan Rumah Sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah yang bekerja tanpa kenal lelah siang dan malam. Semoga Allah Swt. senantiasa melindungi dan merahmati Bapak/Ibu dalam menjalankan tugas yang sangat mulia ini," tuturnya.

Dalam waktu dekat, Presiden Joko Widodo mengajak Muhammadiyah untuk membantu pemerintah dalam upaya pemulihan kesehatan melalui vaksinasi Covid-19.

Presiden berharap agar Muhammadiyah dapat ikut membantu memberikan penjelasan dan pemahaman yang benar agar masyarakat tidak mendapatkan informasi yang keliru atau hoaks yang merugikan.

Pemerintah berkomitmen untuk menyiapkan program vaksinasi tersebut dengan sebaik-baiknya dan memastikan keamanan, efektivitas, kehalalan, serta akses masyarakat terhadap vaksin tersebut agar bangsa Indonesia dapat segera pulih dan bangkit dari pandemi.

"Insyaallah semua itikad baik dan upaya sungguh-sungguh yang kita lakukan akan mendapat rida Allah Swt.," katanya.

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

16 Jan 2021 09:36 WIB

Longsor Sumedang, 25 Orang Meninggal dan 15 Hilang

Nasional

Longsor di Sumedang terjadi pada Sabtu, 9 Januari 2021.

16 Jan 2021 09:20 WIB

Kartika Putri Bakal Dipolisikan Youtuber, Ini Masalahnya

Selebriti

Dokter Richard Lee merasa dipermainkan Kartika Putri.

16 Jan 2021 09:08 WIB

Wajib, Jamaah Divaksin Covid-19 Sebelum Haji dan Umrah

Khazanah

Diberlakukan Pemerintah Arab Saudi bagi tamu di Masjidil Haram

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...