Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. (Foto: Istimewa)

Milad ke-103 Aisyiyah, Ini Tiga Pesan Penting Haedar Nashir

Khazanah 19 May 2020 07:20 WIB

Aisyiyah dalam sejarah perjalanannya telah meninggalkan tiga jejak emas. Pertama menjadi gerakan perempuan pertama yang membawa pada kemajuan dan kebangunan umat Islam khususnya perempuan Muslim di negeri tercinta ini dari ketertinggalan menjadi perempuan berkemajuan

“‘Aisyiyah telah mempelopori pergerakan perempuan Indonesia untuk bangkit menjadi perempuan dan bangsa yang merdeka dengan mempelopori kongres perempuan pertama tahun 1928.

"Yang ketiga dengan gerak keagamaan dan sosial kemasyarakatannya telah menggoreskan perubahan sosial yang membawa pada kemajuan perempuan dan bangsa Indonesia,” tutur Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir, pada Senin 18 Mei 2020.

Dengan usia 103 tahun ini, Haedar berharap ‘Aisyiyah dengan melangkah ke depan melakukan tiga hal strategis yang menjadi agenda seluruh pimpinan dari pusat sampai bawah.

Pertama, jadilah gerakan perempuan Muhammadiyah yang membawa misi Islam berkemajuan, bangun perspektif ke-Islaman yang bayani, burhani dan irfani dengan pendekatan wasathiyah untuk menghadirkan paradigma gerakan perempuan Indonesia berkemajuan yang tidak terjebak pada kutub ekstream tetapi menampilkan Islam wasatiyah berkemajuan.

Kedua, hadirkan berbagai keunggulan ‘Aisyiyah dan amal usahanya sebagaimana telah dirintis sekarang ini termasuk melalui Perguruan Tinggi ‘Aisyiyah yang membanggakan dan menjadi marwah kemajuan ‘Aisyiyah dan Muhammadiyah.

Ketiga, hadirkan tranformasi sosial baru yakni gerakan praksis sosial multi aspek termasuk gerakan komunitas dimana jiwa pergerakan ‘Aisyiyah hidup disitu. ‘Aisyiyah selalu bersama masyarakat, umat dan bangsa dalam denyut nadi pergerakan yang selalu hidup. Hadirkan ta’awun sosial disaat bangsa ini mengalami Pandemi Covid-19 yang melanda dunia dan menjadi musibah bersama.

Dengan pergerakanya yang nyata sampai ketingkat bawah ‘Aisyiyah selalu menggoreskan jejak kebaikan semesta yang membawa pada pembebasan, pemberdayaan dan kemajuan perempuan dan dunia kemanusiaan dalam misi dakwah dan tajdid rahmatan lil ‘alamin

“Selamat Milad 103 tahun ‘Aisyiyah semoga Allah senantiasa melimpahkan berkah dan karunianya,” kata Haedar.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

16 Aug 2020 00:38 WIB

Transformasi Desainer Oscar Lawalata Jadi Wanita Punya Pacar Bule

Gosip Artis

Desainer Oscar Lawalata ubar gender jadi wanita.

16 Aug 2020 00:20 WIB

Video Amien Rais Sebut Jokowi Otoriter

Politik

Video terbaru Amien Rais menyebut rezim Presiden Jokowi otoriter.

15 Aug 2020 23:59 WIB

Jadwal Belajar dari Rumah TVRI 16 Agustus 2020

Pendidikan

Tayangan edukasi disajikan pada program Belajar dari Rumah.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...