Michael Jordan. (Foto:business insider)

Michael Jordan Sumbang Rp 1,4 Triliun untuk Perjuangkan Keadilan

Internasional 06 June 2020 13:16 WIB

Legenda bola basket Michael Jordan beserta Jordan Brand akan mendonasikan 100 juta dolar AS (sekitar Rp1,4 triliun) selama 10 tahun ke depan kepada organisasi-organisasi yang memperjuangkan keadilan dan kesetaraan rasial.

Pengumuman itu disampaikan Jordan setelah banyaknya para pengunjuk rasa yang turun ke jalan di berbagai kota di AS menunjukkan protes atas kematian warga kulit hitam George Floyd, di kaki  anggota polisi Minneapolis Senin25 Mei lalu.

"Hidup warga kulit hitam penting. Ini bukan pernyataan kontroversial hingga rasisme benar-benar diberantas oleh institusi negara. Kami akan terus berkomitmen untuk melindungi dan memperjuangkan kehidupan orang kulit hitam," demikian pernyataan resmi Jordan Brand.

Black lives matter. This isn't a controversial statement. We are you. We are a family. We are a community. pic.twitter.com/cGH8bJl1GQ

— Jordan (@Jumpman23) June 5, 2020

"Hari ini kami mengumumkan bahwa Michael Jordan dan Jordan Brand akan mendonasikan 100 dolar AS hingga 10 tahun ke depan kepada organisasi-organisasi yang berdedikasi memperjuangkan kesetaraan rasial, keadilan sosial, dan pendidikan."

Pada awal pekan lalu, pemilik klub Charlotte Hornets ini ikut  menyuarakan kemarahannya atas kematian George Floyd. Ia mengaku frustrasi dan sedih atas tindakan kekerasan yang dilakukan oleh polisi kepada warga kulit hitam.

"Saya sedih sekali, luar biasa sakit dan marah sekali," kata Jordan.

"Saya bersama mereka yang mengecam rasisme dan kekerasan yang sudah tertanam kepada warga kulit berwarna di negeri kita. Sudah cukup."

Juara NBA enam kali itu juga menyerukan agar semua orang bisa terus bersatu bersuara, menekan para pemimpin agar mengubah hukum supaya tak diskriminatif. 

Michael Jeffrey Jordan lahir di Brooklyn, New York, Amerika Serikat, 17 Februari 1963. Jadi saat ini berumur 57 tahun. Dia adalah pemain terkenal di dunia dalam basket. Kini jadi seorang milyuner. Dia setidaknya enam kali merebut kejuaraan NBA bersama kelompok Chicago Bulls (1991-1993, 1996-1998). Ia memiliki tinggi badan 198 cm. (Ant/Rtr/wk)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Aug 2020 10:16 WIB

Nadiem NU, Nadiem Muhammadiyah

Arif Afandi

Nadiem Makarim perlu bersahabat dengan NU dan Muhammadiyah. Kenapa?

09 Aug 2020 10:10 WIB

Sinopsis Ghost Writer: Pertemuan Penulis dengan Arwah

Film

Film Indonesia berjudul Ghost Writer akan tayang malam ini.

09 Aug 2020 09:52 WIB

Itung-itungan Ganti Rugi Juventus Pecat Maurizio Sarri Rp345 M

Liga Champions

Posisi Maurizio Sarri sebagai pelatih Juventus digantikan oleh Andre Pirlo.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...