Faktor usia, Lionel Messi ditempat di posisi delapan pemain termahal di dunia. (Foto: Twitter/@FCBarcelona)
Faktor usia, Lionel Messi ditempat di posisi delapan pemain termahal di dunia. (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

Messi Terbaik, Tapi Bukan Termahal di Dunia

Ngopibareng.id Dunia 19 March 2020 12:16 WIB

Lionel Messi merupakan pengoleksi trofi Balon d’Or terbanyak saat ini. Hal itu sudah cukup untuk menjelaskan bahwa bintang Argentina dan Barcelona ini merupakan pemain terbaik di dunia.

Namun, untuk urusan harga jual, ternyata Messi bukanlah pemain sepak bola termahal sejagad. Hal ini bisa dilihat dari daftar Transfermarkt yang menempatkan Messi di urutan ke delapan di bawah sejumlah pemain dari Bundesliga, Premier League, dan Ligue 1.

Di tengah wabah virus corona yang menghentikan sementara aktivitas empat kompetisi top Eropa, kini media-media di Eropa mengalihkan perhatian pecinta sepak bola pada kemungkinan transfer yang terjadi di musim panas mendatang.

Lantas, siapa saja para pemain dengan biaya transfer yang berada di atas sang superstar tersebut? Berikut daftar 10 besar pemain dengan biaya transfer tertinggi di dunia:

1.Kylian Mbappe (200 juta euro)

Bintang Paris Saint Germain ini memiliki banderol tertinggi, 200 juta Euro. Selain usianya yang masih muda, 21 tahun, ia sudah memenangi Piala Dunia 2018. Mbappe juga terus tampil produktif bersama PSG dalam beberapa tahun terakhir.

Pemain ini digadang-gadang akan menjadi peraih Ballon d’Or setelah pemain-pemain seperti Messi dan Cristiano Ronaldo pensiun.

2.Raheem Sterling (160 juta euro)

Penyerang Manchester City ini menempati posisi kedua dalam daftar Transfermarkt. Valuasinya sebesar 160 juta euro karena performanya cukup stabil bersama klub maupun Timnas Inggris.

Sterling tak tertutup kemungkinan akan memilih hengkang di musim panas nanti setelah City dijatuhi sanksi larangan tampil di kompetisi Eropa selama dua tahun.

3.Neymar Jr. (160 juta euro)

Harga transfer pemain Brasil ini sama dengan Sterling, 160 juta euro. Besaran ini sebetulnya mengalami penurunan sejak kepindahannya dari Barcelona ke PSG.

Neymar diperkirakan akan menjadi buruan sejumlah klub top Eropa menyusul performanya bersama klub raksasa Prancis itu sudah kembali membaik.

4.Sadio Mane (150 juta euro)

Penyerang Liverpool ini diyakini sebagai salah satu penyerang paling berbahaya di dunia. Meski gagal mengantarkan The Reds melangkah lebih jauh di Liga Champions musim ini setelah disingkirkan Atletico Madrid, Mane tetap menjadi magnet besar bagi banyak klub lain di bursa transfer musim panas mendatang.  

5.Mohamed Salah (150 juta euro)

Pemain Mesir ini tampil konsisten sejak bergabung dengan Liverpool. Tak hanya subur, rekan satu tim Sadio Mane ini memiliki kemampuan individu di atas rata-rata.

Salah pun menjadi target banyak klub Eropa di setiap bursa transfer, begitu juga saat jendela transfer musim panas dibuka.

6.Harry Kane (150 juta euro)

Kane memang sedang dibekap cedera dan sampai saat ini masih menjalani masa pemulihan pascaoperasi. Namun harga jual pemain yang satu ini masih relatif tinggi lantaran ketajamannya selama membela Spurs.

Terbukti, sejak Kane menepi, produktivitas Tottenham menurun. Tidak ada satu pun pemain di tim itu yang mampu menggantikan posisi Kane. Tak heran, banderol 150 juta euro disematkan untuk pemain yang satu ini.

7.Kevin de Bruyn (150 juta euro)

Kemampuan gelandang Belgia dan Manchester City tak perlu diragukan. Dia merupakan gelandang serang yang terbilang lengkap.

Tak hanya mobilitas tinggi, De Bruyn memiliki akurasi umpan yang cukup tinggi, kecepatan, drible ciamik, juga memiliki penyelesaian yang sangat baik. Banderol 150 juta euro dianggap sepadan dengan semua yang ia miliki.

8.Lionel Messi (140 juta euro)

Tak terbantahkan bahwa Lionel Messi adalah pemain terbaik di dunia saat ini. Seabrek gelar dan penghargaan mengisi lemarinya. Namun, jika dibandingkan sejumlah pemain sebelumnya, biaya transfer Messi masih di bawah mereka, 140 juta euro.

Hal ini tak lepas dari usianya yang sudah mencapai 32 tahun, kendati secara performa, Messi tak mengalami penurunan yang signifikan.  

9.Jadon Sancho (120 juta euro)

Pemain muda Borussia Dortmund ini merupakan bintang masa depan. Penampilannya selalu memukau selama bermain untuk Die Borussen. Jadon dihargai 120 juta euro oleh Transfermarkt.

Dengan kecepatan di atas rata-rata, serta ketajaman sang pemain membuat pemain Timnas Inggris ini masuk dalam radar banyak klub top Eropa.

  1. Antoine Griezmann (120 juta euro)

Bintang Prancis di Piala Dunia 2018 ini dibanderol 120 juta euro karena penampilannya bersama Barcelona yang terus meningkat dibanding awal musim.

Griezmann kini menjadi andalan Barcelona di sektor depan selama Luis Suarez dan Ousmane Dembele menepi akibat cedera. Griezmann akan menjadi magnet besar bagi tim mana pun andai Barcelona memasukkannya dalam daftar jual di musim panas nanti.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Dec 2020 15:46 WIB

Desaier Ulfa Mumtaza Luncurkan Busana Terbaru Motif Shibori

Inovasi

Desaier Ulfa Mumtaza keluarkan busana terbaru dengan motif Shibori.

05 Dec 2020 15:23 WIB

Iyut Bing Slamet Kemungkinan Jalani Rehab, Ini Faktanya

Selebriti

Mantan artis cilik ini akan direhab karena diketahui sebagai pengguna napza

05 Dec 2020 14:30 WIB

Lonjakan Covid-19, Tak Ada Larangan Tertulis Berlibur ke Malang

Rek, Ojok Angel Tuturane

Imbau untuk tunda liburan sementara waktu.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...