Messi Memilih Setia di Barcelona

12 Nov 2019 05:06 Liga Spanyol

Meski kontraknya akan berakhir pada akhir musim nanti, Lionel Messi tidak punya niatan untuk meninggalkan Barcelona. Meski bisa saja kapten Barcelona ini memutuskan pergi setelah masa kontraknya berakhir pada Juni mendatang.

Dikutip dari Marca, Messi saat ini menunggu pembaruan kontrak yang akan disodorkan manajemen Blaugrana dalam waktu dekat.

Seperti diungkapkan Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, manajemen klub itu berharap Messi bersedia menandatangani kontrak seumur hidup dengan klub yang telah ia bela sejak 15 tahun silam.

"Jika Leo merasa kuat dan ambisius, memperpanjang kontraknya tanpa batas pasti akan menjadi keinginan semua orang yang terlibat," kata Bartomeu.

"Saya selalu membandingkannya dengan Pele . Pele adalah pemain satu klub di Brasil (Santos),” sebut Bartomeu.

"Aku tidak ragu bahwa setelah Messi gantung sepatu, dia akan tetap terhubung dengan klub ini selama sisa hidupnya."

Dari sisi Messi sendiri belum menunjukkan tanda-tanda bakal meninggalkan Camp Nou, apalagi seluruh keluarganya telah menetap di Barcelona. Bahkan, sampai saat ini belum sekali pun Messi menyatakan keinginannya untuk meninggalkan klub yang telah ia beri segudang prestasi ini.

Barcelona memang sangat membutuhkan Lionel Messi, baik lewat kontribusinya di lapangan maupun masukan dan pilihan pemain yang sesuai dengan kebutuhan tim.

Namun dalam situasi seperti sekarang, ketika tak banyak pilihan pemain yang bisa diandalkan untuk mencari jalan keluar atas kesulitan mereka mencetak gol. Barcelona memiliki ketergantungan yang sangat besar pada La Pulga.

Setidaknya, gambaran itu terlihat sangat jelas ketika Barcelona menang 4-1 lawan Celta Vigo pada Minggu 10 November 2019 lalu. Messi menjadi aktor utama lewat hattriknya ke gawang Celta Vigo, sebelum gol Sergio Busquets melengkapi kemenangan Barcelona.

Sangat jelas bila harapan Barcelona digantungkan tinggi-tinggi pada bintang Argentina tersebut. Mengingat tiga pemain, Antoine Griezmann, Frenkie de Jong, dan Junior Firpo yang didatangkan pada musim panas lalu belum menjadi solusi jika terjadi kebuntuan.

De Jong sejauh ini baru sebatas sebagai kreator di lini tengah. Harapan pada pemain muda Belanda bahwa ia bisa menggantikan peran Xavi Hernandez dan Andres Iniesta belum tampak hingga sekarang. Sementara Firpo baru sebatas pengganggu konsentrasi barisan belakang lawan.

Dan yang terparah tentu saja Antoine Griezmann. Striker Perancis ini minim kontribusi. Bahkan hingga saat ini ia belum mencetak gol dalam lima laga terakhir yang dijalani Barcelona.  

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini