Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan saat meninjau Gelora Bung Tomo Surabaya. (Foto: Alief/ngopibareng.id)

Meski Surabaya Paling Siap, Tapi Keputusan Ada di FIFA

Dunia 10 February 2020 15:05 WIB

Ketua Umum PSSI Irjen Pol Mochammad Iriawan mengungkapkan meski Surabaya paling siap selenggarakan Piala Dunia U20 tahun 2021, namun semua keputusan di tangan FIFA, sebagai federasi sepakbola tertinggi dunia.

"Pemerintah Kota (pemkot) Surabaya sangat serius siapkan venue untuk piala dunia U-20 2021 nanti. Tapi, keputusan dipakai atau tidak tergantung FIFA," kata Iwan Bule sapaan akrab Mochammad Iriawan saat melakukan sidak ke stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, bersama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Senin. 10 Februari 2020.

Kata Iwan Bule, selain fasilitas sarana dan prasarana, keseriusan Pemda dalam mempersiapkan venue juga menjadi catatan khusus PSSI. "Pemda juga harus berperan penting. Surabaya sangat oke," katanya.

Meski begitu, lanjut Iwan Bule, keputusan sepenuhnya ada di FIFA. PSSI hanya bertanggung jawab melaporkan hasil inspeksi yang telah dilakukan secara internal.

Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan saat meninjau Gelora Bung Tomo Surabaya Foto AliefngopibarengidKetua Umum PSSI Mochammad Iriawan saat meninjau Gelora Bung Tomo Surabaya. (Foto: Alief/ngopibareng.id)

"Kami akan sidak sebelum FIFA melakukan kunjungan ke stadion-stadion. Hasil sidak ini akan kami laporkan ke FIFA. PSSI hanya memberikan masukan kepada FIFA termasuk bagaimana keseriusan pemerintah setempat dalam menyiapkan sarana prasarana," katanya.

Kata Iwan Bule, rencana bulan Maret tahun 2020 FIFA akan datang ke Indonesia untuk melakulan inspeksi pertama tekait persiapan host city, stadion, dan fasilitas penunjang lainnya.

Dari hasil inspeksi itu, selanjutnya, FIFA akan memberikan evaluasi dan catatan, progres pembangunan venue, apakah venue-venue itu sesuai standart FIFA atau tidak.

"FIFA memberikan waktu selama 6 bulan untuk dilengkapi dan dibangun kalau misalnya ada yang kurang. November tahun ini FIFA akan melakukan inspeksi untuk terakhiri kali dan mengumumkan siapa yang layak menjadi host city untuk Piala Dunia U 20. Saya harap, semua fasilitas di Surabaya sudah rampung sebelum November, sehingga peluang terpilih akan besar," kata Iwan.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Mar 2020 21:35 WIB

Polda: Penutupan Jalan Bisa Diperluas dan Lebih Lama

Jawa Timur

Tergantung data peta sebaran yang dikeluarkan oleh Pemprov Jatim.

28 Mar 2020 21:07 WIB

Dampak COVID-19, 155 anggota PPK Pilkada Surabaya Dinonaktifkan

Pilkada

Pelantikan PPS juga ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

28 Mar 2020 20:35 WIB

Persahabatan Jin BTS dan Yoo Seung Ho Terungkap Lewat Kopi

ngopiK-pop

Jin BTS kirim truk kopi ke lokasi syuting serial terbaru aktor Yoo Seung Ho

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.