Timnas U-19 harus mengakui keunggulan Bosnia di laga uji coba selama TC di Kroasia. (Foto: pssi.org)

Meski Kalah dari Bosnia, Timnas U-19 Mendapat Apresiasi

26 Sep 2020 12:51

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Timnas Indonesia U-19 tumbang di tangan Bosnia Herzegovina dengan skor 0-1 pada laga uji coba di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri, Jumat 25 September 2020 malam.

Bosnia mendominasi jalannya pertandingan, khususnya di babak pertama. Hal ini bisa dimaklumi karena Shin Tae-yong melakukan rotasi pemain secara signifikan pada timnya. Nama-nama seperti Bagas Kaffa, Brylian Aldama, Pratama Arhan, hingga Witan Sulaeman dicadangkan.

Sementara pemain yang kerap duduk di bangku cadangan di laga sebelumnya seperti Erlangga Setyo, Mohammad Bahril, Andre Oktaviansyah, dan Jack Brown bermain sejak menit pertama.

Namun, situasi berubah di babak kedua. Dengan masuknya sejumlah pemain yang menjadi langganan tim inti, skuat Garuda Muda membuat Bosnia kewalahan.

Sayang, kendati tampil lebih dominan di paro kedua, gol yang diharapkan tak juga terjadi. Keunggulan Bosnia U-19 sendiri berkat gol bunuh diri Komang Tri.  

Maka itu, meski kalah Shin Tae-yong tetap mengapresiasi perjuangan anak asuhnya. Ia menilai pada babak kedua timnya mampu mendominasi permainan, kendati gagal mengejar ketertinggalan.

"Memang kita kalah, tetapi pemain sudah bekerja keras. Babak pertama kita akui permainan berbeda dengan babak kedua," kata Shin Tae-yong.

"Kami masih banyak PR yang harus diselesaikan. Untuk pertandingan selanjutnya kami ingin pemain dapat berkembang semakin baik lagi," tambah pelatih asal Negeri Ginseng tersebut.

Sementara itu, kiper Timnas U-19, Erlangga Setyo mengatakan bahwa hari ini tim kurang beruntung, terutama di babak kedua. Erlangga menyebutkan banyak peluang yang seharusnya bisa dikonversi menjadi gol, namun keberuntungan belum berpihak pada mereka

"Terima kasih kepada pelatih yang sudah memberikan kepercayaan kepada saya sebagai kiper pada laga tadi. Kami akui masih ada kekurangan dalam tim dan bertekad akan bekerja keras agar lebih baik lagi," kata kiper asal Persib Bandung tersebut.

Laga ini merupakan laga uji coba keenam bagi Garuda Muda selama menjalani pemusatan latihan di Kroasia. Sebelumnya Garuda Muda sudah melakoni lima kali laga uji coba yakni melawan Bulgaria 0-3, Kroasia 1-7, Arab Saudi 3-3, serta dua kali melawan Qatar, 2-1 dan 1-1.

Setelah melawan Bosnia Herzegovina, Timnas U-19 akan melawan Dinamo Zagreb pada Senin 28 September 2020 sekaligus uji coba terakhir selama di Kroasia. TC di Kroasia dijadwalkan hingga akhir September.