Meski Cedera Parah, MU Sodori Eric Bailly Perpanjangan Kontrak

19 Aug 2019 10:33 Liga Inggris

Manchester United dikabarkan akan memulai pembicaraan perpanjangan kontrak dengan Eric Bailly kendati sang pemain sedang dalam masa pemulihan menyusul cedera parah yang ia derita.

Masa kontrak bek tengah asal Pantai Gading itu akan berakhir pada musim panas mendatang. Artinya, Bailly akan berstatus bebas transfer. Semua klub bisa merekrutnya asal mampu membayar gaji 120 ribu poundsterling per pekan.    

Cedera Bailly sendiri saat ini berkutat dengan cedera ligament lutut medial. Cedera tersebut dia peroleh ketika membela MU di pertandingan pramusim. Pemain 25 tahun itu diperkirakan baru pulih pada Januari 2020 mendatang. Waktu yang cukup lama bagi MU untuk menantikan kesembuhannya.

Cedera serius tersebut merupakan yang kedua dalam kurun waktu setahun. Sebelumnya, Bailly sempat absen selama empat bulan menyusul cedera pergelangan kaki yang cukup parah.

Kendati rentan cedera, tampaknya Setan Merah menilai sang pemain masih memiliki masa depan bersama klub tersebut. Manchester United juga ingin dia tetap tinggal untuk mendukung Harry Maguire serta Victor Lindelof.

MU memang memiliki opsi untuk memperpanjang kontraknya lantaran ada klausul yang mendukung mereka untuk mempertahankan Bailly.

Dalam klausul tersebut, MU bisa memperpanjang kontraknya dua tahun lagi. Sehingga mereka tak perlu khawatir Bailly akan pergi dengan status bebas transfer.

“Klub ingin Eric tetap dan mencari pembicaraan tentang perpanjangan,” ujar sumber di internal MU seperti dikutip dari The Sun.

“Kami tidak ingin kehilangan dia dengan status bebas transfer musim panas mendatang. Semua pihak setuju untuk hal itu.”

“Rekor cederanya bukan masalah utama bagi kami. Kami hanya berpikir dia tidak beruntung dengan semua orang selama beberapa tahun terakhir.

"Ole adalah penggemar pemain ini, dan kami akan meyakinkannya untuk tetap, setidaknya itulah rencananya saat ini," kata sumber tersebut.

Bailly memang bebas berbicara dengan klub-klub lain di seluruh Eropa pada bulan Januari, dan dapat menandatangani pra-kontrak jika ada klub yang serius menginginkan Bailly.

Namun MU berusaha tidak kehilangan investasi 26 juta poundsterling yang mereka bayarkan pada Villarreal di musim panas 2016 lalu. MU memang akan merugi bila Bailly lepas dengan status bebas transfer. Sebab, sejak tiba di Old Trafford, MU nyaris hanya semusim menggunakan jasanya karena rentetan cedera yang dialaminya.

Jika MU tak segera menyodorkan kontrak baru, sejumlah klub dikabarkan siap menampung pemain jebolan Espanyol ini. Setidaknya, beberapa waktu lalu, Arsenal dan sejumlah klub top di Eropa menunjukkan minat untuk merekrut mantan pemain Espanyol tersebut.

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini