F1 GP Rusia 2019Mesin Vettel Ngadat, Hamilton Juara GP Rusia

29 Sep 2019 20:43 F1

Lewis Hamilton berhasil tampil sebagai juara F1 GP Rusia, Minggu 29 September 2019 di Sochi Autodrome. Pembalap Mercedes itu mendapat keuntungan dari musibah yang menimpa Sebastian Vettel yang tiba-tiba mengalami kerusakan mesin dan gagal melanjutkan balapan. Padahal, pembalap Ferrari asal Jerman itu sedang memimpin balapan di lap 28.

Hamil unggul 3,829 detik atas rekan setimnya, Valtteri Bottas, yang berada di urutan kedua. Dengan Charles Leclerc di posisi ketiga setelah finis 5,212 detik di belakang Hamilton.

Jalannya balapan sendiri diawali manuver apik Vettel di tikungan 1 ketika ia mengambil alih posisi rekan setimnya, Charles Leclerc, dan Lewis Hamilton untuk menjadi yang terdepan.

Di saat yang hampir bersamaan, beberapa insiden juga terjadi. Pembalap Haas, Romain Grosjean, gagal melanjutkan balapan, sedangkan Daniel Ricciardo dari tim Renault mengalami masalah pada ban kirinya. Kejadian ini membuat balapan harus dipandu oleh safety car sampai lap keempat.

Memasuki lap ke-7, isyarat team order dilakukan Ferrari. Melalui radio tim, Ferrari menginformasikan bahwa Vettel akan membiarkan Leclerc melewatinya pada lap berikutnya.

Namun hal itu tak terjadi karena Leclerc tak mampu mendekati Vettel. Hingga di lap ke-10 Hamilton mulai memberikan tekanan kuat pada Leclerc. Tim Ferrari mengubah instruksinya untuk Leclerc, yang diminta fokus terhadap serangan Hamilton.

Sementara itu, dari barisan tengah, upaya keras Max Verstappen untuk merangsek ke depan membuahkan hasil. Memasuki lap ke-12, driver Red Bull Racing itu berhasil memperbaiki posisinya sebanyak tiga setrip (dari P9 ke P6).

Pembalap terakhir yang disalip Verstappen di Sochi Autodrom adalah Lando Norris dari tim McLaren.

Tiba di lap ke-17, melalui radio tim, Leclerc kembali menerima informasi. Kali ini, pembalap Monako itu diberi tahu bahwa dia sudah bisa memacu mobilnya lebih cepat. Namun Leclerc sudah tertinggal 4 detik dari Vettel yang berada di posisi paling depan.

Sementara itu, Verstappen terus melanjutkan aksi take over-nya dengan menyalip Carlos Sainz dari tim McLaren pada lap ke-18. Berkat manuver tersebut, Verstappen berhasil menembus posisi 5 besar. Posisi ini bertahan sampai dua lap berikutnya.

Memasuki lap ke-20, formasi pembalap urutan lima besar diisi oleh Vettel, Leclerc, Hamilton, Bottas, dan Verstappen.

Tak kunjung berhasil mengejar Vettel, pada lap 23 Leclerc melakukan pit stop. Dia kemudian kembali ke lintasan Sochi Autodrom di urutan keempat. Posisi kedua dan ketiga untuk sementara diisi oleh duo Mercedes, Hamilton dan Bottas.

Sementara itu, Vettel masih terus memimpin jalannya balapan GP Rusia 2019. Sayang, memasuki lap 28, nasib sial menghampiri pembalap Vettel. Saat podium pertama untuk kali kedua sudah di depan mata, ia justru gagal menyelesaikan lomba. Hal ini disebabkan mesin jet darat yang ditunggangi pembalap Jerman itu tiba-tiba ngadat.

Safety car lagi-lagi keluar untuk memandu jalannya balapan GP Rusia 2019.

Keberadaan safety car ini kemudian dimanfaatkan oleh sejumlah pembalap termasuk Hamilton dan Leclerc untuk melakukan pit stop.

Hamilton melakoni pit stop pada lap ke-29, sedangkan Leclerc kembali menjalani pit stop pada lap ke-31.

Keluarnya Vettel dari balapan GP Rusia 2019 membuat persaingan perebutan gelar juara menyisakan persaingan antara Hamilton, Bottas, dan Leclerc.

Namun Hamilton yang terus berada di posisi terdepan tak mau melewatkan kesempatan untuk terus melesat. Dan pada lap ke-52, pembalap Britania Raya itu membukukan rekor waktu putaran di Sochi Autodrom dengan 1 menit 35,761 detik.

Catatan waktu putaran tersebut menjaga posisi Hamilton di P1 terus terjaga hingga finis. Sementara di podium kedua dan ketiga ditempati Valtteri Bottas dan Charles Leclerc.

Sedangkan duo Red Bull Racing, Max Verstappen dan Alexander Albon, finis di urutan keempat dan kelima. Menggenapi posisi 10 besar secara berurutan ada Carlos Sainz, Sergio Perez, Lando Norris, Kevin Magnussen, dan Nico Hulkenberg.

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini