Merayakan Hari Kartini dengan Bersepeda Hemat Energi

21 Apr 2019 14:59 Entertainment

Memperingati hari lahir pahlawan emansipasi wanita Indonesia, yaitu Raden Ajeng Kartini atau yang dikenal sebagai Hari Kartini. Tamu dan staf perempuan The Alana hotel Surabaya, berkeliling Surabaya menggunakan sepada hemat energi.

Tidak hanya sekedar bersepeda dan berkeliling, para peserta yang didominasi perempuan ini mengenakan kebaya sebagai simbol hari kartini. Dan dipadukan dengan celana jeans yang membuat mereka bisa bergerak leluasa saat bersepeda.

Acara ini dimulai pukul 08.00 WIB sampai 10.00 WIB dengan rute dari hotel menuju Taman Bungkul lalu kembali ke titik kumpul di hotel. Para peserta yang berjumlah 30 orang ini terlihat bersepeda dengan diiringi tawa riang di bawah sinar matahari yang cerah.

Nabilla Humaira selaku Marketing Communication mengatakan, kegiatan yang bertema 'Empower' ini dilakukan untuk mengampanyekan kekuatan suatu kebersamaan perempuan modern Indonesia yang saling mendukung satu sama lain.

"Supaya para Kartini masa kini dapat terus memperjuangan apa yang telah dibesarkan oleh pahlawan emansipasi wanita Indonesia dengan menjaga interaksi sosial yang positif dan kreatif," kata Nabilla, saat ditemui usai bersepeda. Minggu, 21 April 2019.

Para peserta saat bersepeda bersama di Taman Bungkul Surabaya  Foto Pita ngopibareng Id
Para peserta saat bersepeda bersama di Taman Bungkul Surabaya. (Foto: Pita/ ngopibareng. Id)

Selain itu, Nabilla juga menjelaskan, acara ini diadakan bersamaan dengan memperingati Hari Bumi yang akan diperingati pada Senin esok. 

"Maka dari itu dalam berkeliling kami memakai sepeda ramah lingkungan yang sama sekali tidak menggunakan bahan bakar, melainkan menggunakan listrik yang tidak menyebabkan polusi udara," ujarnya. 

Salah satu staf perempuan hotel, Cristi menggungkapkan antusiasnya dalam mengikuti acara ini. "Seru sekali bisa merayakan Hari Kartini bersama teman-teman, meskipun sedikit capek tapi banyak bahagianya," ungkap staf divisi Food and Beverage (F&B) ini. 

Selain Cristi, salah satu pengunjung Firman yang juga ikut berkeliling dengan sepeda mengatakan meskipun dirinya seorang laki-laki, ia tetap merayakan Hari Kartini sebagai wujud menghargai perempuan. 

"Acaranya menyenangkan dan sehat  yang pasti karena bersepeda. Acara ini juga sebagai wujud menghargai perempuan," kata Firman. (pita)

Penulis : Pita Sari
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini