Merasa Dirugikan Wasit, Persebaya Kirim Surat ke PSSI

28 Jun 2019 09:06 Liga Indonesia

Persebaya Surabaya merasa dirugikan oleh wasit yang memimpin pertandingan babak 8 besar leg kedua Piala Indonesia menghadapi Madura United, di stadion Gelora Ratu Pamelingan, Kamis 27 Juni 2019.

Wasit Dodi Setia Purnama asal Indramayu yang memimpin pertandingan Persebaya vs Madura itu dinilai manajemen Bajul Ijo tidak menjalankan tugasnya dengan baik. Sebab ada dua keputusan yang seharusnya memberikan keuntungan bagi Ruben Sanadi dkk.

Dua kasus pelanggaran Amido Balde di kotak penalti, yang dilanggar oleh M. Ridho (Kiper Madura United), seharusnya mendapatkan hadiah penalti. Begitu juga hansball yang terjadi di kotak penalti yang mengenai tangan salah satu pemain belalang Madura United.

Manajer Persebaya, Candra Wahyudi mengatakan keputusan wasit tidak tepat. Seharusnya wasit tidak berat sebelah ketika memimpin pertandingan.

"Yang kasat mata adalah ketika pelanggaran terhadap Amido Balde. Kami bisa debatable apakah itu tempatnya di kotak penalti atau enggak. Tapi dari beberapa rekaman yang muncul sekarang memang terlihat dia sudah ada di kotak penalti," kata Candra, Jumat, 28 Juni 2019.

Namun bila dianggap tidak berada di dalam kotak penalti. Candra menilai seharusnya M Ridho mendapat kartu merah karena sebagai orang terakhir dan peluang terbuka bagi Balde bisa mencetak gol.

"Kalaupun tidak harus dihukum penalti, sebenarnya itu pelanggaran yang one on one dengan situasi peluang gol yang sangat besar. Jadi seharusnya bisa kartu merah," ujar dia.

Meski nantinya surat protes yang dilayangkan tidak mengubah hasil. Candra berharap dengan dilayangkannya protes resmi, terjadi perbaikan bagi sepak bola Indonesia.

"Minimal publik dan seluruh pecinta sepak bola Indonesia tahu seperti apa sepak bola kita dan apa yang harus diperbaiki dan sebagainya," ucap Candra.

 

Seperti diketahui, di pertandingan kemarin Persebaya kalah dengan skor 1-2 atas tuan rumah Madura United. Dengan kekalahan itu otomatis Laskar Sape Kerrap melaju ke babak semifinal dengan agregat kemenangan 3-2. (hrs)

Penulis : Haris Dwi
Editor : Rizal A


Bagikan artikel ini