Ilustrasi. (Foto: Google)

Menyusui Sambil Tidur Sebabkan Infeksi Telinga, Ini Penjelasannya

Kesehatan 11 October 2019 14:20 WIB

"Menyusui bayi dengan posisi tidur dapat menyebabkan infeksi pada telinga bayi." Beberapa dari ibu mungkin pernah mendengar pernyataan ini. Bagaimana penjelasan tentang hal tersebut?

Spesialis telinga, hidung, tenggorok-bedah kepala dan leher, dr. Rosydiah Rahmawati, Sp. THT-KL mengungkapkan, menyusui bayi berusia 0 sampai 1 tahun dengan posisi tidur memang beresiko menyebabkan infeksi pada telinga.

"Infeksi ini terjadi saat saluran eustachius tersumbat karena kebiasaan bayi minum susu dengan posisi tidur," ungkap dokter RSUD Dr Soetomo Surabaya ini.

Rosydiah Rahmawati menjelaskan, saluran eustachius posisinya antara telinga dan tenggorokan bagian atas. Saat bayi diberi minum, baik ASI atau minuman susu botol dengan posisi tidur, bisa masuk saluran itu sehingga masuk ke telinga bagian tengah.

"Nah, saat minumannya ini masuk ke bagian tengah telinga ini berkali-kali dalam jangka waktu lama. Akhirnya bisa menyebabkan infeksi," kata dokter yang akrab disapa Rosy ini.

Menurut Rosy, posisi saat menyusui yang baik dan benar memang harus diketahui oleh para ibu. Karena posisi menyusui bayi bisa mempegaruhi organ tubuh bayi dan kesehatanya.

Untuk itu, Rosy mengimbau para orangtua agar tidak menyusui anak dengan posisi tidur di atas kasur.

"Kalau bisa anaknya digendong, posisi ibunya harus duduk yang tegak, anaknya juga harus dalam posisi setengah duduk agar bisa mencegah ASI masuk ke saluran eustachius," jelasnya.

Rosy menambahkan, menyusui atau memberikan makan pada bayi memang tidak diajurkan dalam posisi tertidur. Selain bisa menyebabkan infeksi telinga, si bayi juga bisa beresiko tersedak.

Penulis : Pita Sari

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

12 Aug 2018 21:08 WIB

Batal Manggung, Infeksi Telinga Anak Anji Kambuh

SapaDokter

Penyanyi Anji terpaksa membatalkan jadwal manggung lantaran sang anak tengah sakit.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...