Menteri Susi Lulus SMA

Ngopibareng.id Nasional 14 July 2018 07:05 WIB

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat ini sudah lulus pendidikan tingkat SMA. Pada 11-13 Mei 2018 lalu, peraih 2 Doktor Honoris Causa dari Universitas Diponegoro (Undip) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) ini, mengikuti ujian paket C jurusan IPS.

Susi mengikuti ujian  PKN, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi.

Dari ketujuh mata pelajaran, nilai PKN Susi mendapat nilai tertinggi. Alhasil, dari 569 siswa yang ikut ujian tersebut, Susi  pun berhasil meraih ranking pertama.

“Iya betul, Bu Susi udah lulus Paket C. Beliau ikut pelaksanaan ujian karena sistemnya UNBK, kami menyelenggarakannya di SMAN 1 Pangandaran. Dilaksanakan pada tanggal 11-13 Mei 2018,” kata Ketua Yayasan Bina Pandu Mandiri Didi Ruswendi kepada wartawan. 

Kartu peserta ujian Paket C Menteri SusiKartu peserta ujian Paket C Menteri Susi.

Didi menjelaskan, Susi memulai program Paket C pada Juli 2015. Ia mengikuti program dengan menggunakan modul. 

Beliau metode pelajarannya menggunakan modul. Karena kan jaraknya jauh tapi kadang kadang dari kaminya ke Jakarta untuk menempuh proses pembelajarannya, ungkap dia. 

Tim dari PKBM Bina Pandu Mandiri datang ke Jakarta sesuai dengan jadwal Susi. Saat belajar dengan guru dari PKBM Bina Pandu Mandiri, Susi selalu bersemangat. 

Kami ke Jakartanya berdasarkan jadwal kesibukan beliau. Kitanya yang menyesuaikan, karena nggak mungkin juga reguler dengan yang lain. Tapi yang pasti beliau dibekali dengan modul, tutur dia. 

Didi menambahkan, Susi tak pernah merinci alasannya mau ikut program Paket C. Namun yang pasti, Susi terlihat serius ketika pendaftaran. 

Menteri Susi menerima ijazah SMA foto instagram ffawzia07Menteri Susi menerima ijazah SMA. foto: instagram ffawzia07.

Susi memulai program ini dengan duduk di kelas XII, Beliau secara alasan yang jelas tidak memberi tahu. Tapi beliau telepon memang mau daftar dan beliau ini memang serius, tutur dia. 

Kemudian beliau juga menyerahkan surat keterangan belum tamat dari SMA N 1 Yogyakarta. Karena kelas satunya beliau sudah naik kelas ke kelas dua dan ada rapornya. Jadi artinya beliau mengikuti tahapan-tahapan yang ada, imbuh dia. 

Ijazah SMA Susi baru saja diberikan langsung ke rumahnya di kawasan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Jumat 13 Juli. Susi diceritakan oleh Didi tampak bahagia ketika mendapatkan ijazah tersebut. 

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

10 Feb 2021 15:58 WIB

Heboh Duet Susi-Anies Baswedan Pilpres 2024

Nasional

Isu eks Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti nyapres 2024.

11 Jan 2021 15:03 WIB

Sakti Trenggono, Menteri Pekerja Yang Tak Silau Sorot Media

Tokoh

Menteri ini meniti karir dari nol

24 Dec 2020 14:25 WIB

Menteri Kelautan Legowo Lepas Jabatan di Agrinas dan KKIP

Nasional

Risma rangkap jabatan, Sakti Wahyu Trenggono lepas jabatan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...