Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang juga Ketua Umum Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI), Basuki Hadimuljono saat memberikan pengarahan kepada para atlet dayung. (Foto: Kementerian PUPR)
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang juga Ketua Umum Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI), Basuki Hadimuljono saat memberikan pengarahan kepada para atlet dayung. (Foto: Kementerian PUPR)

Menteri PUPR Tinjau Persiapan Cabor Dayung Hadapi SEA Games 2019

Ngopibareng.id PUPR 01 November 2019 18:32 WIB

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono yang juga Ketua Umum Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) meninjau persiapan para atlet Cabang Olahraga (Cabor) Dayung yang akan bertanding pada SEA Games 2019 Filipina mulai 30 November 2019 mendatang. Dalam pesta olahraga tingkat Asia Tenggara tersebut, akan dipertandingkan cabang rowing, kano/kayak dan perahu naga.

"Saya harap para atlet bisa konsentrasi penuh latihan di pelatnas untuk menghadapi SEA Games 2019. Kita harus selalu bisa lebih baik. Kemarin di Asian Games 2018, saya ucapkan selamat kita sudah bisa menyumbangkan emas. Kuncinya latihan, latihan dan latihan. Saya lihat secara fisik sudah bagus," kata Menteri Basuki di hadapan para atlet yang sedang berlatih di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Kamis 31 Oktober 2019.

Untuk mendukung penuh kesiapan para atlet yang akan berlaga, Menteri Basuki berjanji akan membantu agar jadwal keberangkatan tim pelatih dan atlet dapat lebih awal yakni minimal tiga hari sebelum pertandingan. "Saya siapkan anggarannya untuk mendukung persiapan latihan dan pengenalan arena pertandingan," ujarnya.

Menteri Basuki juga akan berupaya hadir ke Filipina untuk memberikan dukungan langsung kepada para atlet yang bertanding. "Mudah-mudahan saya bisa menemani pada 5 Desember 2019 ke Manila, Filipina untuk menyaksikan pertandingan," ucapnya.

Waduk Jatiluhur merupakan salah satu infrastruktur Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR yang dimanfaatkan menjadi lokasi latihan para atlet dayung. Bendungan Jatiluhur merupakan waduk serbaguna pertama di Indonesia untuk memenuhi berbagai kebutuhan air, diantaranya untuk keperluan irigasi bagi 240.000 ha sawah di daerah Purwakarta, Karawang, Bekasi dan Indramayu, dan juga untuk memenuhi kebutuhan air bagi industri dan air bersih warga Jakarta.

Beberapa infrastruktur yang dibangun maupun direhabilitasi oleh Kementerian PUPR seperti danau, waduk, dan saluran irigasi juga dimanfaatkan sebagai sarana olahraga air, seperti Daerah Irigasi Rentang di Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka untuk olah raga dayung kategori Kano Slalom, Danau Rawa Pening dan bahkan Teluk Youtefa dibawah Jembatan Youtefa yang baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo rencananya juga akan digunakan sebagai lintasan dayung dan jet ski

Penulis : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Nov 2020 08:05 WIB

KPK Tangkap Menteri KKP Diduga Terjerat Benih Lobster

Korupsi

Menteri KKP Edhy Prabowo ditangkap KPK.

23 Nov 2020 21:15 WIB

Plengsengan Proyek Jembatan Kedungkandang Malang Ambrol

Jawa Timur

Plengsengan ambrol diduga karena naiknya debit air sungai.

22 Nov 2020 11:55 WIB

Tindaklanjuti SKB 4 Menteri, Pemkot Malang Siap Buka Sekolah Lagi

Pendidikan

Pemkot Malang masih belum menentukan tanggal masuk sekolah tatap muka.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...