Menteri Lucu itu Bernama Basuki Hadimuljono

24 Oct 2019 15:08 Feature

Kabinet Indonesia Maju telah terbentuk. Ada wajah lama. Ada wajah baru. Sebagian wajah lama memang yang berkinerja baik. Meski ada menteri berkinerja baik tapi tidak diangkat kembali seperti Susi Pudjiastuti.

Salah satu wajah lama itu adalah Basuki Hadi Muljono. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu. Yang selama lima tahun periode pertama pemerintahan Joko Widodo menjadi andalan utamanya. Mampu menyelesaikan berbagai mega proyek infrastruktur.

Jalan tol Trans Jawa nyaris tuntas. Berbagai bendungan dibangun. Jalan-jalan arteri diperbaiki. Fasilitas umum dibangun di berbagai pelosok daerah. Pembangunan perumahan untuk rakyat juga berhasil diselesaikan.

Tak pelak, Basuki Hadimuljono sempat dijuluki Presiden Jokowi sebagai Bapak Infrastruktur Indonesia. Sebuah julukan yang sekaligus pengakuan atas kinerjanya. Belum sampai Bapak Pembangunan seperti julukan Pak Harto dulu.

Basuki memang menteri unik. Pekerja keras. Tidak jaim alias jaga image. Tampil apa adanya. Seakan tanpa beban. Karena darah Surabaya, fasih misuh gaya arek.

Suka ngeband. Biasanya pegang drumer. Sering jadi drumernya Elek Yo Ben. Grup band para menteri Kabinet Jokowi. Bersama Menhub Budi Karya Sumadi.

Ia bisa disebut menteri Sersan. Serius tapi santai. Bejibun tanggungjawabnya dijalani dengan sepenuh hati. Selalu siap dengan segala solusi.

Suatu malam saya pernah diajak Menteri Sekretaris Negara Pratikno ke rumahnya. Yang tinggal di rumah dinas menteri Widya Chandra Jakarta.

Ia sedang sarungan di rumah. Belum lama masuk rumah sepulang dari kantornya. Toh, ia sudah siap berangkat kunjungan proyek di daerah Jawa Barat. Dengan kendaraan darat. Jam 3 dini hari berikutnya.

Ia selalu siap dengan hape jadul merek Nokia. Bukan smartphone yang serba digital. Yang masih pakai tombol nomor. Anak sekarang mungkin tak mengenal model hape seperti itu.

"Setiap saat presiden telepon tanya perkembangan proyek strategis. Atau masalah-masalah infrastruktur. Jadi harus siap setiap saat," katanya.

Ia salah satu menteri yang sudah sehati dengan presidennya. Mungkin karena sama-sama alumni UGM. Mungkin karena sama-sama tukangnya. Basuki tukang insinyur, Presiden yang mantan tukang kayu.

Lihat saja gaya dia setiap saat mendampingi Presiden saat sidak proyek atau memberi keterangan pers. Basuki selalu tampil santai. Seakan tak ada jarak psikologis dengan presidennya.

Tampilannya bersahaja. Kesukaannya mobil Fortuner. Bukan Jeep Lexus atau Land Cruiser. Mobil lapangan yang lebih nyaman. Yang gampang dia minta jika menginginkan.

Karena itu, ketika memasuki periode kedua pemerintahan Jokowi, semua yakin ia akan terpilih kembali. Dan benar. Setelah dilantik, ia pun menggelar acara serah terima jabatan di kantornya.

Loh kok serah terima? Ini lucunya. Di kantornya memasang foto diri seukuran dirinya. Lalu ia pun menyalami gambar dirinya. Sah. Jabatan Menteri PUPR telah diserahterimakan. Dari Basuki "lama" ke Basuki "baru".

Foto lucu itulah yang viral sampai sekarang. Foto lucunya Menteri Basuki yang serah terima jabatan dengan gambar dirinya.

Dasar menteri arek Suroboyo yang kuliah di Jogjakarta. Suka guyon. Sersan. Dan apa adanya.

Selamat bertugas lagi Pak Basuki!

Penulis : Arif Afandi
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini