Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memanen sidat di tempat pembudidayaan sidat Desa Bomo, Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto: Muh Hujaini/Ngopibareng.id)

Menteri Kelautan Perikanan Sebut Sidat Potensi Besar Perikanan

Ekonomi dan Bisnis 10 July 2020 16:10 WIB

Sektor industri pembesaran sidat merupakan potensi besar yang bisa dikembangkan di Indonesia. Selain harganya yang mahal, sidat  dari Indonesia ke juga memiliki kualitas yang sangat baik. Hal ini disampaikan Menteri Kelautan Dan Perikanan Edhy Prabowo dalam kunjungannya ke lokasi budidaya pembesaran Sidat di Desa Bomo, Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi, pada Jumat 10 Juli 2020.

"Kita dapat anugerah anakan sidat selalu muncul di perairan Indonesia di waktu-waktu tertentu. Hampir setiap tahun jumlahnya sangat besar. Meskipun sidat berasal dari Zaragoza. Tapi benihnya paling besar lari ke Indonesia," kata Edy Prabowo.

Menurutnya, ini merupakan wujud pemanfaatan sumber daya alam yang ada di Indonesia. Karena setelah besar Sidat akan kembali lagi ke daerah asalnya. Untuk itulah sidat harus dimanfaatkan dan dibesarkan menjadi industri Unagi.

Menurut Edhy Prabowo, Indonesia merupakan negara penghasil sidat yang paling besar di dunia. Namun, nilai ekspor keluar negeri produk sidat indonesia masih peringkat10. Peringkat nomor satu adalah negara Cina.

"Nilai yang paling hebat, kualitas dan harganya paling mahal daripada semua Unagi yang ada," tegasnya.

Edhy Prabowo menyebut, diperairan Indonesia  khususnya di daerah dimuara sungai pada saat musim tertentu sangat banyak potensi sidatnya. Dirinya yakin yang dikembangkan disini tidak hanya sidat dari Banyuwangi. Tapi dari wilayah Indonesia termasuk dari Sulawesi, Pelabuhan Ratu dan seluruh pantai selatan Jawa.

Edhy Prabowo berjanji akan membantu produktivitas budidaya ikan sidat agar terus tumbuh. Dia juga meminta perusahaan melibatkan masyarakat dalam pengembangan usahanya. Hal seperti ini menurutnya harus didukung.

"Kami siap membantu segala macam bentuk perizinan termasuk pemasaran dan kemudahan-kemudahan lainnya untuk melakukan kegiatan usaha," tegasnya.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Aug 2020 09:12 WIB

Laka Maut di Jember, 5 Korban Meninggal

Nusantara

Ada 5 yang korban luka-luka dan 5 meninggal.

14 Aug 2020 08:10 WIB

Hari ini, Presiden Sampaikan Pidato Kenegaraan di Sidang MPR

Nasional

Pidato kenegaraan disampaikan dalam sidang tahunan MPR RI.

14 Aug 2020 06:06 WIB

Jangan Terbawa Arus Mainstream yang Buruk

Islam Sehari-hari

Pesan khusus KH Husein Muhammad

Terbaru

Lihat semua
14 Aug 2020 06:06 WIB

Jangan Terbawa Arus Mainstream yang Buruk

Islam Sehari-hari
14 Aug 2020 05:00 WIB

Populer Saat Covid-19, Ini Penjelasan Resesi

Ekonomi dan Bisnis
Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...