Stadion Gelora Bung Tomo. (Foto: IStimewa)

Menpora: Stadion GBT Belum Fix Digunakan Piala Dunia

Liga Indonesia 03 November 2019 16:08 WIB

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali, belum bisa memberi jaminan pasti terkait pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021 akan diselenggarakan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. 

Menpora yang akrab disapa ZA itu mengatakan, belum bisa dipastikannya GBT karena masih akan melihat persiapan. Namum, apapun nanti keputusan penggunaan stadion tetap akan berada di tangan FIFA.

"Stadion GBT belum final. Makanya kita menyiapkan opsi lain," katanya saat ditemui di Kantor DPD Golkar Jatim, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Minggu 3 November 2019.

Menurutnya, masih ada banyak pekerjaan rumah yang harus dipersiapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Hanya saja, ia tidak menyebut secara lengkap aspek mana saja yang harus diperbaiki.

Menanggapi masalah bau sampah TPA Benowo yang sempat dikeluhkan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, mantan Ketua Komisi II DPR RI itu mengatakan jika masalah bau itu masih bisa diupayakan.

"Gampang itu. Masak gak bisa kita selesaikan," katanya.

Selain itu, ia mengingatkan agar segera menyiapkan aspek pendukung. Seperti ketersediaan lapangan untuk latihan. Menurutnya dalam waktu enam bulan jelang pelaksanaan sudah harus siap.

Stadion GBT sendiri direncanakan akan digunakan sebagai salah satu venue. Namun, karena ada aksi kerusuhan suporter beberapa lalu menyebabkan banyaknya kerusakan fasilitas di stadion tersebut.

Beberapa kerusakan tampak pada tribun penonton, gawang, rumput lapangan, karet lintasan lari, bench pemain, dan beberapa lainnya. Belum lagi, masalah bau yang banyak dipermasalahkan karena akan mengganggu kenyamanan penonton.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

13 Aug 2020 08:13 WIB

Kemarin, Gus Ipul-Khofifah Bertemu Serta 2 Pejabat Pemprov Mundur

Jawa Timur

Berita ngopibareng.id, kemarin.

12 Aug 2020 21:35 WIB

Khofifah dan Gus Ipul Lakukan Pertemuan “Empat Mata“ di Grahadi

Reportase

Pertemuan paling intens setelah Pilgub Jatim 2020.

12 Aug 2020 19:40 WIB

Hari Pramuka, Khofifah Minta Pramuka Jadi Jubir Covid-19

Jawa Timur

Pramuka diminta melantangkan pesan pemerintah menangani Covid-19

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...