Menpora Mundur, Jokowi Segera Angkat Plt atau Menteri Baru

19 Sep 2019 11:44 Nasional

Setelah ditetapkan sebagai tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Imam Nahrawi akhirnya mundur dari jabatannya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Imam mundur usai berkonsultasi dengan Presiden Jokowi.

Terkait pengunduran diri Menpora ini, Jokowi mengaku belum memutuskan apakah akan mengangkat menteri baru atau akan menunjuk pelaksana tugas (Plt).

"Tadi disampaikan ke saya surat pengunduran diri dari Pak Menpora Imam Nahrawi. Tentu akan segara saya pertimbangkan apakah segera diganti dengan yang baru atau kita pakai Plt," kata Jokowi pada wartawan di Istana Presiden, Kamis, 19 September 2019.

Menurut Jokowi, surat pengunduran diri Imam Nahrawi diberikan kepadanya pada Kamis, 19 September 2019 pagi. Usai menerima surat ini, Jokowi mengaku akan segera memutuskan pengisian jabatan Menpora untuk sisa masa kerja satu bulan ke depan.

"Baru satu jam lalu ngasihkan surat. Belum diputuskan penggantinya. Kita pertimbangkan dulu dalam sehari ini," kata Jokowi.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga menghormati apapun keputusan hukum yang dikeluarkan KPK.

"Tadi pagi Pak Imam Nahrawi ketemu saya. Saya menghormati apa yang sudah diputuskan oleh KPK bahwa Pak Imam Nahrawi sudah menjadi tersangka urusan dana hibah dengan KONI," ujarnya.

Sekadar diketahui, KPK pada Rabu, 18 September 2019 telah menetapkan Menpora Imam Nahrawi sebagai tersangka suap dana hibah Koni. Imam Nahrawi diduga menerima suap senilai Rp26,5 miliar.

Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini