Menpora Apresiasi Langkah KNPI Jatim

21 Jul 2018 20:28 Jawa Timur

Menghadiri langsung pelantikan Kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Timur, Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi punya harapan khusus pada kepengurusan baru pimpinan Mochammad Nur Arifin (Mas Ipin) ini.

"Kegiatan ini bagus karena di dalamnya ada konsolidasi semua warna golongan organisasi kepentingan bersatu-padu dalam wadah KNPI," kata dia, saat ditemui usai pelantikan, di Gedung Jatim Expo Internasional, Surabaya, 21 Juli 2018.

Dalam pelantikan ini, KNPI juga menginisiasi seremonial countdown Asian Games 2018, dengan penggelindingan bola raksasa berdiameter tiga meter, dan juga dengan pemanahan balon, sebagai penanda oleh atlet panahan Asian Games asal Jawa Timur, Dellie Threesyandinda.

"Bagi saya acara ini penting, karena juga ada sosialisasi Asian Games. Dan menurut saya ini sejarah besar, karena pemuda harus terlibat di dalam Asian Games ini," kata dia.

Ia pun sempat menyinggung bonus demografi. Menurutnya, hal itu sudah di depan kita, maka tidak ada pilihan lain, bagi semua anak muda Indonesia, untuk mensyukuri potensi yang ada dalam dirinya. Caranya dengan menumbuhkan kreativitas, ekonomi, dan tentu saja hadir di tengah-tengah masyarakat.

Kata Menpora, saat ini organisasi kepemudaan  punya tantangan yang luar biasa. Karena komunitas-komunitas itu sekarang itu muncul bak jamur di musim hujan

Oleh karena itu organisasi-organisasi ini juga harus dijangkau, didatangi, ditemani, dan harus mendapatkan support dan difasilitasi.

"Entah itu permodalan ntah itu promosi, marketing, maupun yang lain," ujar dia.

Sementara itu, Mas Ipin resmi menjabat sebagai Ketua DPD KNPI Jawa Timur. Pelantikan ini adalah tindak lanjut Musyawarah Daerah (Musda) XII KNPI yang digelar beberapa waktu lalu di Trenggalek.

Mas Ipin, saat itu terpilih secara aklamasi. Kini Wakil BupatI Trenggalek bersama 300-an orang, dilantik menjadi pengurus harian dan pengurus pleno KNPI Jatim. 

KNPI Jatim pimpinannya pun ingin langsung membuktikan, bahwa baru saja mereka dilantik, mereka sudah langsung bekerja, dengan mengkampanyekan gelaran Asian Games ke-18, dimana Indonesia bertindak sebagai tuan rumahnya.

"Ini salah satu cara kita pemuda, baru dilantik langsung kerja, kerja terbesarnya, ya ikut mempromosiakan Asian Games," ujarnya.

Lebih lanjut, Mas Ipin mengatakan, ia dan jajaran KNPI Jatim juga ingin memberikan kontribusi dengan cara menjadi volunteer di Asian Games, dan juga berpartisipasi langsung menonton gelaran olahraga terbesar itu dengan datang langsung ke Jakarta dan Palembang. (frd/amr)

Reporter/Penulis : Farid Rahman


Bagikan artikel ini