Pemimpin Syiah Pakistan protes protes kepada Amerika Serikat atas kematian Mayor Jenderal Qassem Soleimani dari Iran, yang tewas dalam serangan udara di dekat Baghdad, di Karachi, Pakistan (Foto: Antara)

Menlu Pakistan Berangkat ke Iran dan Saudi di Tengah Ketegangan

Internasional 12 January 2020 22:00 WIB

Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi, Minggu, 12 Januari 2020 berangkat menuju Iran dan Arab Saudi untuk mengadakan pembicaraan dengan mitra-mitranya soal ketegangan di Timur Tengah.

Sebelumnya, Perdana Menteri Pakistan Imran Khan meminta Qureshi untuk berkunjung ke Iran, Arab Saudi dan Amerika Serikat setelah serangan AS menewaskan komandan terkemuka Iran Qassem Soleimani di Irak pada 3 Januari.

Pada Rabu, 8 Januari 2020 Iran membalas serangan itu dengan menembakkan peluru kendali ke pangkalan-pangkalan militer yang ditempati pasukan AS di Irak.

Qureshi berangkat menuju Teheran untuk menjalani bagian pertama lawatannya, menurut Kementerian Luar Negeri Pakistan.

"Selama di Teheran, Qureshi akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif dan bertukar pikiran soal perkembangan situasi di kawasan Timur Tengah/Teluk," menurut pernyataann Kemlu.

Qureshi akan berkunjung ke Arab Saudi pada Senin, 13 Januari 2020 untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Al Saudi serta membicarakan masalah perdamaian dan stabilitas di kawasan.

"Perkembangan baru-baru ini benar-benar membahayakan perdamaian dan keamanan di kawasan, yang sebelumnya sudah bergejolak, serta menekankan bahwa betapa penting menjalankan upaya segera dan bersama untuk mendapatkan penyelesaian damai," bunyi pernyataan itu.

Qureshi akan menyampaikan kesiapan Pakistan mendukung semua upaya untuk mencari penyelesaian atas perbedaan dan perselisihan melalui cara politik dan diplomatik. (sumber: Xinhua-Oana)

Penulis : Antara

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

21 Sep 2020 07:44 WIB

"Kata-katamu Tak Hilang, Jangan Sakiti Siapa pun"

Khazanah

KH Husein Muhammad: Kata-katamu akan kembali kepadamu suatu saat

21 Sep 2020 07:02 WIB

Perang Intel

Dahlan Iskan

Bagaimana Amerika mengawasi Tiongkok sampai ke bawah laut?

21 Sep 2020 06:58 WIB

Kurang Alim Bila Kiai Tak Bisa Guyon, Kata Gus Baha'

Humor Sufi

Sampaikan pesan Islam penuh bahagia dan rileks

Terbaru

Lihat semua
21 Sep 2020 07:02 WIB

Perang Intel

Dahlan Iskan
Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...