Hj Noor Parida, ikon ibu jempol iklan RCTI OKE era 90-an. (Foto: Dok. RCTI)

Meninggal Dunia, 3 Fakta Noor Parida, Ikon Ibu Salam Jempol RCTI

Human Interest 26 June 2020 12:35 WIB

Pemirsa televisi Tanah Air era 90-an pasti akrab dengan sosok seorang ibu yang mengacungkan jempol sambil ke arah kamera di tengah pasar apung kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Setelah lama tak terdengar, muncul kabar duka bahwa "ibu jempol legendaris" itu meninggal dunia. Wanita yang memiliki nama asli Hj. Noor Parida binti H. Haderi ini menghembuskan nafas terakhirnya pukul 09.00 pada Kamis, 25 Juni 2020. Dia meninggal dunia di usia 66 tahun.

Iklan legendaris Noor Parida tayang lebih dari dua puluh tahun yang lalu, tepatnya sejak 24 Agustus 1996 hingga 24 Agustus 1998, tetapi sosoknya masih dikenang hingga kini.

Menurut salah satu putri Noor Parida, Rahmiatun, sang ibunda menderita sakit batuk selama dua pekan lalu. Hal itu membuat kondisi Noor Parida semakin melemah dan sulit makan. Bahkan, malam sebelum wafat dia sempat memberikan isyarat bahwa dia akan berpulang.

Noor Parida telah dikebumikan di samping makam sang suami yang telah meninggal empat tahun lalu. Makam di Jalan Alalak Selatan itu tak jauh dari rumah duka. Noor Paridah meninggalkan 8 anak dan 16 cucu.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Noor Parida. Menurut Ridwan Kamil, gaya ikonik Noor Parida yang mengacungkan jempol dari atas perahu di pasar apung sempat memberikan motivasi hampir di setiap sore saat iklan RCTI OKE muncul.

"Turut berduka cita dan Selamat Jalan ibu Noor Parida, jempolmu tiap sore pernah memotivasi untuk selalu bangga terhadap indahnya Indonesia," tulis Ridwan Kamil di Instagram.

Berikut ini 3 fakta Noor Parida, ikon salam jempol di RCTI:

1. Bintang Iklan RCTI 1998

Wajahnya kerap muncul di iklan yang tayang selama 2 tahun, sejak 24 Agustus 1996 hingga 24 Agustus 1998. Dalam iklan itu, Noor Parida tersenyum semringah sambil mengacungkan jempolnya ke arah kamera.

2. Ikon Pasar Apung Kalimantan

Usai jadi bintang iklan di RCTI, Noor Parida meraih popularitas dan ketenaran di daerahnya. Perempuan yang akrab disapa Wan Sidin itu bahkan menjadi ikon Pasar Apung di Banjarmasin.

3. Honor Rp 40.000 Plus-plus

Noor Parida mendapat honor sekali syuting iklan salam jempol senilai Rp 40.000. Selain itu, dia juga mendapat satu unit televisi berukuran 14 inchi dan uang senilai Rp 1,5 juta. Tentunya honor itu bukanlah nominal yang kecil di era 90-an. Selain itu, putri Parida juga mendapat beasiswa kuliah sampai selesai.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Aug 2020 21:45 WIB

Lima Orang Positif Covid-19, PN Surabaya Lockdown

Surabaya

Total sudah tujuh orang terpapar Covid-19.

08 Aug 2020 21:42 WIB

Kepemimpinan Ganjar Dinilai Penuh Inspirasi

Nusantara

Penilaian disampaikan Helmi Yahya.

08 Aug 2020 21:35 WIB

Realme Beri Diskon Rp200 Ribu Sejak Hari Ini

Ekonomi dan Bisnis

Tiga gawainya didiskon hingga Rp200 ribu.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...