Proses pemulasaraan salah satu jenazah di Hong Kong (Ant)
Proses pemulasaraan salah satu jenazah di Hong Kong (Ant)

Meninggal di Hong Kong, Dua Jenazah TKI Dipulangkan ke Indonesia

Ngopibareng.id Nasional 26 September 2020 13:45 WIB

Dua tenaga kerja Indonesia (TKI) meninggal di Hong Kong. Jenazah kedua pekerja migran perempuan itu telah dipulangkan ke Indonesia menurut Konsul Jenderal RI di Hong Kong.  

"Kami senantiasa memastikan agar jenazah almarhumah mendapatkan penanganan sebaik-baiknya dan pemenuhan hak-hak almarhumah oleh majikan dan agensi sesuai ketentuan yang berlaku," kata Konsul Jenderal RI di Hong Kong Ricky Suhendar, Jumat 25 September 2020.

Satuan Tugas Perlindungan WNI KJRI Hong Kong telah menyelesaikan penanganan prosesi pemandian, salat hingga penutupan peti jenazah pekerja migran Indonesia atas nama Nur Mila, pada Kamis 24 September 2020.  

Pekerja Migran yang tak disebutkan asalnya di Indonesia itu, disebutkan meninggal akibat terjatuh di kamar mandi, berdasarkan hasil pemeriksaan Kepolisian Hong Kong.

Sehari sebelumnya, KJRI Hong Kong juga menyelesaikan penanganan jenazah pekerja Indonesia lainnya atas nama Sutrisni yang meninggal ketika sedang menjalani perawatan medis di rumah sakit setempat.

KJRI pun telah menginformasikan kedatangan jenazah dan berkoordinasi dengan otoritas setempat serta menginformasikan kepada keluarga almarhum di Indonesia.

Upaya penanganan jenazah dimulai dari serangkaian koordinasi bersama pihak-pihak terkait di Hong Kong, mulai dari kepolisian, rumah pemulasaraan jenazah hingga maskapai penerbangan. "Ini kami lakukan untuk memperlancar pemeriksaan kepolisian agar mendapatkan izin pengiriman jenazah  sesuai ketentuan yang berlaku di Hong Kong," kata Konjen Ricky.

KJRI Hong Kong juga berkomunikasi dengan Direktorat Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI, Kementerian Ketenagakerjaan, dan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia terkait pemulangan kedua jenazah dua TKI tersebut. (Ant

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Oct 2020 17:49 WIB

Perlukah Tes Antigen Diuji Ulang dengan Swab PCR?

Nasional

Belum ada standard of procedure yang baku soal tes antigen ini.

28 Oct 2020 17:27 WIB

KADIN Jatim Sambut Positif Keputusan UMP Tak Naik

Ekonomi dan Bisnis

Harap pekerja dapat memahami situasi pandemi.

28 Oct 2020 17:19 WIB

Fadli Zon Sampai Arie Untung Serukan Boikot Produk Prancis

Internasional

Pernyataan Presiden Prancis dianggap melukai umat Islam di seluruh dunia.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...