Menhub: Pengecekan Rem Turunkan Angka Kecelakaan Saat Mudik

26 Jun 2017 18:05 ngopiNEWS

Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menghimbau kepada seluruh pemudik untuk selalu mengecek kondisi rem kendaraan sebelum mudik lebaran. Menurutnya dengan langkah itu, ia menilai mampu menurunkan angka kecelakaan pada lebaran tahun ini.

Selain itu juga Budi mengapresiasi terhadap turunnya angka kecelakaan di musim mudik kali ini, dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Sebelumnya, memang Kemenhub melakukan langkah dengan melakukan pengecekan rem menjelang musim mudik kemarin. “Dari bus yang kita cek remnya kemarin ada 70 persen yang laik,” terang Menhub, Senin (26/6).

Dengan jumlah seperti itu Budi menilai pihaknya bisa fokus untuk mengantisipasi bus yang masih belum layak untuk digunakan mudik, yakni sebanyak 30 persen.

Bukan hanya melarang operasional bus tak laik, Kemenhub juga melakukan antisipasi lain dengan meminta bantuan kepolisian agar menangkap operator bus nakal yang nekat mengoperasikan kendaraan yang tak laik.

Budi juga mengimbau kepada semua pemudik yang menggunakan bus untuk menghindari PO dengan bus tak laik, karena kendaraan tersebut bisa dihentikan kapan saja oleh polisi. "Mungkin itu didengar oleh PO, makanya yang tidak laik tidak dipakai," imbuh Budi.

Selain angkutan bus, karena kecelakaan bisa menimpa transportasi apa pun, pengecekan rem juga dilakukan terhadap pesawat, kereta, dan kapal laut.

Budi menambahkan, sosialisasi keselamatan juga disampaikan kepada para pemudik yang menggunakan motor. Itu bisa diklaim berhasil, karena meskipun jumlah pemudik motor meningkat hingga 10 persen lebih, jumlah kecelakaan turun. (trs)

Penulis : Haris Dwi


Bagikan artikel ini