Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memastikan seluruh bus yang berada di Terminal Purabaya laik jalan.

Menhub Pastikan Semua Bus di Terminal Purabaya Laik Jalan Saat Lebaran

09 Jun 2018 14:42

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memastikan seluruh bus yang berada di Terminal Purabaya laik jalan.  Menhub klaim seluruh pengecekan bus di terminal sudah rampung dilakukan.

Berdasartan data Terminal Purabaya, ada sebanyak 384 bus yang sudah jalani pemeriksaan. Hasilnya ada 159 bus laik jalan, 157 bus laik jalan (dengan peringatan perbaikan) dan 68 bus tidak layak jalan.

"Saya liat scanning beberapa bus, dan itu laik. Memang tidak ada yang membedakan antara yang laik dan tidak laik. Saya akan berpesan kepada Dishub agar yang sudah melakukan ramp check diberi stiker," kata Budi saat melakukan pengecekan di Terminal Purabaya, Sabtu 9 Juni 2018.

Selain itu, Budi juga menegaskan jika ada salah satu elemen dalam bus tak laik. Maka pihaknya meminta kepada pihak terminal dan kepolisian untuk tidak memberikan izin jalan kepada bus tersebut.

"Kir rata-rata kan sudah ada. Kir itu master daripada mereka boleh jalan. Kalau ramp check itu cek ulang apakah kesehatan kendaraan tersebut baik. Nanti kita kasih kewenangan kepada Kepolisian dan Dishub kalau ban dan kampasnya sudah jelek ya ga boleh jalan. Resikonya penegakan hukum seperti ini ya kita cek satu per satu," lanjutnya.

Sementata itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajat mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan ramp check secara rutin dan diberikan stiker bukti kelayakan kendaraan.

"Kami sebetulnya sudah rutin lakukan pengecekan, tapi biasanya tanpa kami berikan stiker, namun saat mudik ini kita berikan stiker sebagai bukti bahwa kendaraan ini laik," ujar Irvan. (hrs)