Duel Liverpool vs MU akan digelar di Anfield Stadium. (Foto: Twitter/@
Duel Liverpool vs MU akan digelar di Anfield Stadium. (Foto: Twitter/@

Mengupas Kekuatan dan Kelemahan Liverpool dan MU

Ngopibareng.id Liga Inggris 16 January 2021 16:20 WIB

Pertemuan Liverpool kontra Manchester United pada pekan ke-19, Minggu 17 Juni 2021 di Stadion Anfield merupakan laga big match yang akan menyita perhatian banyak pecinta sepakbola di dunia.

Duel ini diyakini berlangsung sengit karena pemenang partai ini akan menjadi pemuncak klasemen sementara Premier League. Maka itu, kedua tim bakal mengerahkan seluruh kekuatan terbaiknya untuk meraih hasil maksimal di laga ini.

MU saat ini memimpin klasemen sementara dengan 36 poin, unggul tiga poin dari Liverpool yang berada di urutan kedua klasemen sementata. MU juga sedang dalam tren bagus setelah 11 pertandingan tanpa kekalahan.

Sedangkan Liverpool akhir-akhir ini mengalami penurunan dengan tiga pertandingan terakhir tanpa kemenangan. The Reds harus meningkatkan standar permainan mereka bila tak ingin jadi bulan-bulanan MU.

Lantas bagaimana kemungkinan laga ini berjalan? Berikut kelebihan dan kelemahan Liverpool dan MU.

Kelebihan Liverpool

1. Mohamed Salah dan Sadio Mane akan menjadi pemain kunci di pertandingan ini. Melalui kecepatan keduanya, The Reds akan mengandalkan Mane dan Salah untuk mendobrak pertahanan MU.

Dengan kecepatan kedua pemain ini pula, Liverpool bisa menghadirkan ancaman nyata bagi pertahanan Setan Merah.

2. Liverpool memiliki lini tengah solid dengan keberadaan Thiago Alcantara sebagai gelandang bertahan. Pemain Spanyol ini juga memiliki kemampuan memutus serangan lawan.

Jika ia tampil dengan performa terbaiknya, MU bakal kesulitan memasuki pertahanan Liverpool.

3. Liverpool beruntung memiliki dua bek sayap, Andrew Roberson di kiri dan Trent Alexander Arnold di kanan. Karena kedua pemain ini tak hanya kuat saat bertahan, tapi juga rajin membantu serangan. Keduanya juga jago dalam mengirim umpan silang ke jantung pertahanan lawan.

Kelemahan Liverpool

1. Liverpool kehilangan dua bek tangguhnya, Virgil van Dijk dan Joe Gomez yang mengalami cedera parah. Sejak keduanya absen, kekuatan pertahanan The Reds mengalami penurunan siginifikan. Setidaknya, mereka tak merasakan kemenangan dalam tiga pertandingan terakhir.

2. Kombinasi Fabinho dengan Williams sampai saat ini belum memberikan jaminan keamanan bagi pertahanan Liverpool. Dua bek tengah ini menjadi titik lemah The Reds di pertandingan ini.

Kelebihan Manchester United

1. Manchester United memiliki lini depan yang sangat garang pada diri Anthony Martial dan Marcus Rashford.

Dibantu Bruno Fernandes, MU memiliki serangan yang sangat menakutkan bagi lawan-lawannya. Sebagai bukti, MU telah mencetak 34 gol dari 17 pertandingan. Ini artinya, mereka rata-rata mencetak dua gol dalam setiap pertandingan.

2. MU memiliki gelandang-gelandang kuat dalam menyerang. Ada Bruno Fernandes yang piawai dalam mengkreasi serangan.
Fernandes juga mempunyai kelebihan dalam mengirim umpang matang bagi para penyerang MU.
Ia juga tajam dalam menyelesaikan peluang. Pemain Timnas Portugal itu kerap menjadi solusi jika MU mengalami kebuntuan.

Kelemahan Manchester United

1. Barisan belakang MU tergolong rapuh. Mereka selalu kebobolan di setiap pertandingan. MU sampai saat ini sudah kebobolan 24 gol. Artinya, rata-rata setiap pertandingan MU kebobolan 1,41 kali.

Dengan catatan ini, MU berada di peringkat ke-12 dalam daftar tim dengan pertahanan terbaik. MU harus meningkatkan pertahanan mereka jika ingin menang di laga tersebut.

2. Penampilan David de Gea yang angin-anginan masih menjadi kendala bagi MU. Penjaga gawang asal Spanyol itu musti tampil sempurna bila tak ingin menjadi lumbung gol bagi penyerang Liverpool.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Mar 2021 12:36 WIB

PT KAI Daop 8 Perpanjang Relasi KA Mutiara Timur sampai Jogja

Surabaya

Perpanjangan operasi KA Mutiara Timur dengan protokol kesehatan.

07 Mar 2021 12:22 WIB

Pantun Politik dari Jalanan, Ohoi...! Sedapnya di Masa Pandemi

Humor Sufi

Humor politik di kalangan arus bawah

07 Mar 2021 12:05 WIB

Lansia Rentan Terpapar B117, Vaksin Membantu Bentuk Antibodi

Kesehatan

Vaksin membantu bentuk antibodi lansia.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...