Maria Pauline Lumowa saat dijemput di Serbia. (Foto: Dok Kemenkum HAM)

Menko Polhukam: Terlambat Sedikit Buron Pembobol BNI Hilang

Nasional 09 July 2020 13:12 WIB

Menko Polhukam Mahfud Md mengapresiasi kerja Kementerian Hukum dan HAM yang berhasil menangkap buronan Maria Pauline Lumowa. Penangkapan ini detik-detik terakhir masa penahanan Maria yang akan habis pekan depan.

"Atas nama pemerintah Indonesia, saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Serbia yang nanti Pak Menkum HAM (Yasonna) akan menceritakan betapa baiknya kerjasama yang dilakukan, dan fasilitas serta bantuan yang diberikan oleh Presiden Serbia, sehingga buronan ini bisa dibawa," ujar Mahfud dalam konferensi pers di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis 9 Juli 2020.

Mahfud mengungkapkan, Maria kemungkinan akan kabur lagi dari Serbia. Sebab, masa penahanan Maria di Serbia akan habis pada 17 Juli mendatang.

"Bayangkan kalau lewat, kira-kira seminggu dari sekarang, kira-kira kemungkinan akan lolos lagi karena pada tanggal 17 Juli akan habis masa penahanan di Serbia. Dan harus dilepas, kalau tidak segera terjadi kesepakatan penyerahan ini," ujarnya.

Oleh karena itu, Mahfud berterima kasih kepada pemerintah Serbia karena telah membantu proses ekstradisi Maria. Mahfud juga mengatakan, Maria akan mengikuti aturan hukum di Indonesia. Dia juga sudah menunjuk pengacara dari Kedutaan Besar Belanda.

"Dan saya sudah bicara langsung dengan Maria Pauline Lumowa, saya katakan hukum akan memperlakukan dia dengan baik, akan memperhatikan hak-hak asasinya. Bantuan hukum tetap harus diberikan, boleh menunjuk pengacaranya sendiri, dan Ibu Pauline sudah mengatakan punya kuasa hukum dari Kedubes, karena beliau sekarang menjadi warga negara Belanda," kata Mahfud.

Sementara, Menkum HAM Yasonna Laoly mengatakan, menangkap penjahat di negara orang berbeda dengan di negeri sendiri. "Apa lagi mereka berada di sebuah negara yang tidak ada perjanjian ekstradisi dengan Indonesia. Lebih sulit lagi yang kami buru sudah bestatus warga negara Belanda," katanya.

Pembobol Bank BNI 46 Cabang Kebayoran Baru Jakarta senilai Rp1,7 triliun, Maria Pauline Lumowa tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng sekitar pukul 10.35 WIB.

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Aug 2020 09:46 WIB

Ini Keistimewaan Sidang Tahunan MPR di Tengah Pandemi Covid-19

Nasional

Sidang tahunan MPR kali ini hanya diikuti separoh dari anggota MPR.

14 Aug 2020 09:18 WIB

Episode Terakhir The K2: Cloud Nine Diledakkan Sung Won

ngopiK-pop

Pertikaian Yoo Jin dan Sung Won berujung peledakan Cloud Nine.

14 Aug 2020 09:17 WIB

Polisi Usut Video Porno Mantan Anggota DPRD Mimika

Kriminalitas

MM, mantan anggpta DPRD MImika itu melaporkan teman kencannya ke polisi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...