Mengharukan, Indonesia Raya Dinyanyikan Penumpang KA

17 Aug 2019 16:29 Nasional

Para penumpang kereta api serentak berdiri. Itu ketika pas menjelang Detik-detik Proklamasi dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Pemandangan ini cukup mengharukan.

Para penumpang kereta api memang, menghadirkan tradisi baru. Dalam memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan, dengan serentak menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia itu. Hal itu sebagai bagian dari upacara Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-74, Sabtu 17 Agustus 2019 pagi.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta, misalnya, mengadakan peringatan HUT Kemerdekaan bersama parSa penumpang di dalam kereta api, dilakukan ketika kereta hendak bernagkat ke stasiun kota tujuan.

"Ini dilakukan para penumpang kereta api dengan jadwal keberangkatan KA 14 Argo Muria tujuan Semarang Tawang dan KA 10 Argo Dwipangga tujuan Solo (Jawa Tengah)," tutur Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansa.

Dalam perjalanan para penumpang beserta awak kereta api berdiri bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mendengarkan pembacaan Teks Proklamasi.

Sementara itu, PT KAI Daop 7 Madiun demikian pula. Bersama kru kereta dan penumpang kereta api tersebut serentak menyanyikan lagu Indonesia Raya

"Beberapa perjalanan kereta api para penumpang dan kru kereta api dipimpin kondektur dan polsuska menyanyikan lagu Indonesia Raya mulai dari rangkaian kereta pertama sampai kereta terakhir," ujar Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko.

Para penumpang kereta api ketika berdiri menyanyikan lagu Indonesia Raya Foto istngopibarengid
Para penumpang kereta api ketika berdiri menyanyikan lagu Indonesia Raya. (Foto: ist/ngopibareng.id)

Menurut Ixfan, tahun-tahun sebelumnya, menyanyikan lagu Indonesia Raya di atas kereta api tidak pernah dilakukan penumpang.  Namun kali ini, kata Ixfan, semua spontan tergerak untuk bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia.

Menjelang detik-detik proklamasi, petuga KA melalui pengeras suara menyampaikan ajakan untuk bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya.

"Para penumpang dan kru kereta api serentak berdiri bersama semangat menyanyikan lagu Indonesia Raya hingga membawa suasana haru," demikian Ixfan.

Pemandangan seperti itu tak hanya terjadi di Indonesia. Di sejumlah negara, pada aturan tertentu untuk melakukan hal demikian. Di Thailand, misalnya, pada saat lagu kebangsaannya dinyanyikan, serentak seluruh yang ada di stasiun kereta api, dan bahkan di tempat keramaian, serentak berdiri. Mereka baru melakukan aktivitas kembali ketika lagu selesai dinyanyikan.

Dengan pemandangan di Indonesia, seperti itu, merupakan hal bisa dilanjutkan di masa-masa mendatang. Bukan hanya bagi penumpang kereta api, tapi juga di pelbagai tempat keramaian umum.

Penulis : Riadi


Bagikan artikel ini