Ilustrasi gejala kanker tulang. (Foto: dok. Pribadi AHCC)

Mengenali Jenis Kanker Tulang dengan Gejala yang Berbeda-beda

RS Adi Husada 18 July 2019 05:45 WIB

Kanker tulang merupakan jenis kanker yang menyerang tulang. Penyebarannya di seluruh tulang bagian tubuh, namun sebagian besar terjadi pada tulang kaki dan lengan. Setiap gejala yang muncul pada pasien kanker tulang berbeda-beda.

Menurut Dr. Ulinta P. Pasaribu, Sp.Rad (K) Onk. Rad spesialis radiasi dari Adi Husada Cancer Center (AHCC), Untuk membedakannya kanker tulang dibagi dalam beberapa jenis.

Pertama, Oesteosarcoma yakni jenis kanker tulang ini berkembang di ujung tulang panjang, pada tulang yang sedang aktif pertumbuhannya. "Kanker jenis ini biasa terjadi pada tulang kering, paha, dan lengan," jelasnya.

Selanjutnya, kanker tulang Chondrosarcoma berkembang di dalam sel tulang rawan. Biasa menyerang tulang paha, panggul, rusuk, belikat atau tulang bagian atas.

Ketiga, lanjut Ulinta, Sarcoma Ewing's berkembang dalam jaringan saraf yang belum dewasa pada sumsum tulang. Biasanya menyerang tulang paha kering, dan panggul.

"Jenis kanker selanjutnya adalah Chordoma yang seringkali muncul pada dasar tulang tengkorak atau pada tulang belakang," jelas Ulinta.

Dari keempat jenis kanker tulang ini, Ulinta menuturkan bahwa jenis kanker tulang yang sering terjadi adalah Oesterosarcoma, Sarcoma Ewing's, dan Chondrosarcoma.

"Pada kenker tulang jenis oesteosarcoma puncak pertama terjadi pada usia muda, atau sekitar usia 18 tahun. Sedangkan puncak kedua terjadi pada usia 50 tahun," imbuhnya. 

Sedangkan, untuk jenis Sarcoma Ewing's merupakan jenis kanker tulang terganas kedua yang paling banyak penderitanya. Puncaknya terjadi pada anak usia dibawah 10 tahun, atau dekade pertama. 

"Lalu untuk jenis kanker tulang chondrosarcoma banyak terjadi di dekade tiga sampai enam," pungkasnya. 

"Sarcoma Ewing's merupakan jenis kanker tulang terganas kedua yang paling banyak penderitanya," ungkap Dr. Ulinta P. Pasaribu.

Penulis : Pita Sari

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

27 Mar 2020 16:15 WIB

Layanan Radioterapi AHCC Tetap Buka, Terapkan Sosial Distancing

RS Adi Husada

Layanan radioterapi AHCC tetap buka.

23 Mar 2020 15:45 WIB

Pandemi Corona, Pasien Kanker Harus Dua Kali Jaga Kebersihan

RS Adi Husada

Karena pasien kanker lebih rawan terinfeksi

22 Mar 2020 15:42 WIB

Kanker Ginjal di Usia Muda, Screening Jadi Awal Pencegahan

RS Adi Husada

Kanker ginjal usia muda, kenali faktor risikonya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.