Ilustrasi sulam puting payudara. (Ilustrasi: Vidhi)

Warna Puting Payudara Menghitam karena Menyusui, Bisa Disulam!

Kesehatan 10 January 2020 17:02 WIB

Kegelisahan para ibu yang mempunyai puting menghitam karena menyusui, kini tak perlu lagi. Pasalnya, dunia medis sudah mempunyai cara untuk mengembalikan warna puting agar tak hitam lagi. Caranya dengan melakukan sulam puting.

Salah satu klinik kecantikan yang menawarkan sulam puting untuk ibu-ibu yang menyusui adalah Klinik Kecantikan Haven Light di Jalan Burung, Klojen Kota Malang. Pemilik Klinik Haven Light, dokter Andrew Halim mengatakan, saat ini tren kecantikan sulam puting payudara mulai diminati, di samping sulam alis atau sulam bibir.

Kata dia, sulam puting ini diminati para ibu yang sedang menyusui karena ada perubahan warna pada puting payudara atau aerolanya. Area puting atau aerola berubah menjadi warna hitam bagi ibu-ibu yang sedang menyusui. Perubahan ini sebenarnya sesuatu yang alami karena adanya perubahan hormon. Namun, perubahan warna puting ini, dianggap menganggu bagi beberapa perempuan. Selain secara estetika mungkin dianggap tak menarik lagi, juga adanya keresahan dari suaminya.

Adapun teknis dari sulam puting payudara yaitu dengan menyuntikkan cairan tinta ke jaringan kulit yang nanti fungsinya mengubah warna puting payudara menjadi merah jambu atau cokelat muda. "Efek setelahnya hampir sama kayak sulam bibir. Nanti jadi terlihat agak lebih tebal gitu sih," jelas dokter berusia 35 tahun tersebut.

Namun, ia mengimbau kepada para perempuan yang ingin melakukan sulam puting payudara ini untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu. Tes alergi tersebut kata Andrew berfungsi untuk mencegah terjadinya kerusakan pada kulit pada pasien.

"Keloid itu yang kalau luka atau alergi muncul jaringan kayak daging menonjol, itu sebaiknya jangan. Kalau sudah terlanjur ternyata alergi atau keloid, segera minum obat anti alergi sampai mereda," tutupnya.

Dokter Andrew menjelaskan, sebenarnya ada cara lain yang dikenal untuk mengembalikan warna puting. Cara lain itu dengan penggunaan krim pencerah puting payudara. Namun, cara ini dianggap menyakitkan. Penggunaan krim pencerah puting payudara ternyata memiliki efek samping, yaitu membuat kulit terkelupas.

"Puting payudara kan bagian yang sensitif. Sehingga jika mengelupas maka akan menimbulkan rasa sakit dan perih. Untuk itu tidak direkomendasikan.

Dokter Andrew lebih merekomendasikan untuk untuk melakukan sulam puting saja, karena tak menimbulkan rasa sakit.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

13 Jul 2020 08:17 WIB

Kunci Jawaban SD Kelas 1-3: Belajar di Masa Pandemi Corona

Pendidikan

Siswa SD kelas 1-3 akan mendapatkan materi tentang hari pertama sekolah.

13 Jul 2020 07:55 WIB

Belajar dari Rumah TVRI, Hari Pertama Masuk Sekolah

Pendidikan

Setelah libur panjang, kini siswa-siswi kembali masuk sekolah secara online

13 Jul 2020 07:46 WIB

Ratko Mladic, Simbol Sejarah Kelam Genosida Srebrenica  

Internasional

25 Tahun disidang pengadilan internasional tak berujung

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...