Proses CT Simulator yang dilakukan sebelum radioterapi (foto: dok AHCC)
Proses CT Simulator yang dilakukan sebelum radioterapi (foto: dok AHCC)

Mengenal Proses CT Simulator, Membuat Radioterapi Berjalan Lancar

Ngopibareng.id RS Adi Husada 24 April 2020 15:48 WIB
RS Adi Husada Cancer Center

Radioterapi atau terapi radiasi merupakan salah satu metode yang digunakan dalam pengobatan kanker. Sebelum melakukan radioterapi akan dilakukan CT Simulator. CT Simulator ini merupakan perencanaan 3D sebelum melakukan radioterapi.

Petugas Radioterapi Adi Husada Cancer Center (AHCC), Nugroho Yudho Susilo, S.Tr.Kes menjelaskan, fungsi dan manfaat CT Simulator.

"Setelah konsultasi dengan dokter ahli radioterapi dan diputuskan untuk radioterapi. Proses yang harus dijalani ialah CT Simulator. Tetapi sebelum CT dilakukan, pasien harus melengkapi persetujuan dan foto untuk identitas," katanya.

Kata Nugroho, saat CT Simulator pasien tidak merasakan apapun. "CT Simulator akan membantu mencari posisi saat melakukan terapi, agar ketika terapi dilakukan pasien merasa aman dan nyaman," kata Nugroho.

Dalam proses ini, lanjut Nugroho, petugas akan membantu mencari posisi yang pas saat terapi nantinya. Dimana posisi tersebut akan digunakan selama menjalani radioterapi.

Petugas akan membatu mencari posisi yang pas saat CT Simulator untuk radioterapi foto dok AHCCPetugas akan membatu mencari posisi yang pas saat CT Simulator untuk radioterapi (foto: dok AHCC)

"Setelah menentukan posisi yang pas, akan dibuat marking yang bertujuan untuk batas sinar maupun menentukan lokasi tumor itu sendiri," katanya.

Kata Nugroho, marking itu tidak boleh dihilangkan sampai proses radioterapi berjalan. Pasien wajib menjagannya agar tidak hilang.

Salah satu pasien AHCC yang menjalani CT Simulator, Lili Kogin mengungkapkan bahwa dirinya menjadi lebih tenang saat radioterapi setelah menjalani CT Simulator.

"Saya sangat gugup awalnya. Tapi saat CT Simulator, dokter membebaskan saya bertanya tentang teknis, jadwal, hingga fraksi. Ini membuat saya lebih tenang," kata Lili.

Setelah menjalani CT Simulator, pasien tersebut akan diberi jadwal radioterapi akan dilakukan.

Penulis : Pita Sari

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Nov 2020 22:30 WIB

Sinopsis Rings: Kutukan Video selama 7 Hari

Film

Bioskop Trans TV akan menayangkan film horor Rings.

26 Nov 2020 22:16 WIB

Fans Berebut Lihat Peti Mati Maradona

Dunia

Fans ricuh dengan polisi karena berebut melihat peti mati Maradona.

26 Nov 2020 21:58 WIB

Ambulans vs Motor, Ini Kronologi Versi RS Pemilik Ambulans

Jawa Timur

Pihak rumah sakit pemilik ambulans angkat bicara.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...