Ilustrasi (foto: google)

Produk Skincare Kimia, Natural, dan Organik, Mana Paling Efektif?

Kesehatan 29 December 2019 21:13 WIB

Produk kecantikan terutama skincare kini sudah sangat beragam di pasaran. Mulai dari skincare natural, kimia, bahkan yang terbaru skincare organik yang diklaim lebih aman untuk kulit.

Tentunya, ketiga jenis skincare bisa dibedakan dari bahan-bahan yang digunakan. Untuk mengenali perbedaan jenis-jenis skincare diatas dr Yunita Ekawati, dokter ahli estetika menjelaskan perbedaannya.

Skincare kimia

"Skincare kimia, sebenarnya unsur kimia masih kita butuhkan. Tidak semua berbahaya asalkan digunakan dalam takaran yang pas. Biasanya skincare kimia ini diproduksi oleh pabrik dan sudah disertakan informasi bahannya dikemasan," ujar dokter yang berpraktek di salah satu klinik kecantikan di Surabaya ini.

Skincare natural

Sementara untuk produk skincare natural, kata Yunita, biasanya mengunakan bahan-bahan alam seperti buah.

"Biasanya banyak produk yang terbuat dari sari buah apel, coconut oil itu produk-produk natural. Satu lagi juga harus melihat proses pembuatannya apakah benar-benar natural atau tidak," kata Yunita.

Skincare organik

Untuk produk skincare organik, menurut Yunita, juga berasal dari bahan alami tapi penanaman bahannya biasanya juga dilakukan secara organik. Mulai dari pupuk harus pakai yang organik bukan sintetis.

"Untuk mengetahui produk itu organik atau tidak, sebaiknya memang cara penanamannya disertakan dalam kemasan. Atau ada badan yang memang menjamin bahwa produk tersebut organik," katanya.

 

Untuk masalah efisiensi penggunaan, kata Yunita, tergantung kebutuhan dan jenis kulit masing-masing. Tidak bisa disamaratakan satu produk lebih aman dari lainnya.

"Sebelum memilih produk ada baiknya berkonsultasi dulu dengan ahlinya. Agar produk skincare yang digunakan untuk wajah bisa sangat dirasakan manfaatnya. Apapun itu bahannya asal aman," kata Yunita

Penulis : Pita Sari

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Jul 2020 06:25 WIB

Antara Mbah Lim dan Gus Dur: Batur, Batir, dan Botoh

Humor Sufi

Catatan unik manusia legendaris bagi kalangan santri

09 Jul 2020 05:35 WIB

Insan Kamil, 'Penghubung' Antara Yang Ilahi dan Yang Dunia'

Khazanah

Meraih kebahagiaan dunia akhir, menuju Insan Kamil

09 Jul 2020 05:14 WIB

Rapid Test

Dahlan Iskan

Rapid test sudah menjadi bisnis besar. Juga sudah ikut menguras anggaran.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...