Mengenal Kanker Usus yang Diidap Mendiang Istri Ustadz Maulana

21 Jan 2019 16:01 ngopiHealth

Istri Ustadz Maulana, Nuraliyah Ibnu Hajar yang akrab disapa Umi Naura, menghembuskan nafas terakhir saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar, pada Minggu 20 Januari 2019 sore.

Penyakit kanker usus baru diketahui pada September 2019. Sebenarnya, Nuraliyah menderita penyakit ini sejak tujuh tahun silam.

Menurut ahli pencernaan dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Ari Fahrial Syam, kanker usus menjadi penyebab kematian pada pria dan wanita di seluruh dunia.

Gejalanya penyakit ini sangat sederhana hingga kerap kali tidak diperhatikan, misal sulit atau terlalu sering buang air besar (BAB).

Ustadz Maulana berada disamping jenazah sang istri
Ustadz Maulana berada disamping jenazah sang istri.

American Canser Society menyebut, gejala spesifik dari kanker usus ini dapat diketahui penderita sejak usia 20-an tahun. Jika kanker masih stadium awal dan belum menyebar, tindakan operasi dapat dilakukan. Dengan begitu, sel kanker yang ditemukan dapat diangkat dengan sempurna.

Pengobatan kanker usus ini disesuaikan dengan stadium kanker yang diderita. Jika sel kanker sudah menyebar biasanya dilakukan pengobatan berupa kemoterapi dan operasi yang disertai pengangkatan usus.

Kanker usus ini bisa dicegah dnegan mengonsumsi banyak sayur dan buah. Bagi orang yang berusia di atas 50 tahun harus rutin melakukan pemeriksaan kesehatan usus. (yas)

Reporter/Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini