Digital Marketing (Ilustrasi: Dokumentasi)

Mengapa Digital Marketing Penting untuk Bisnis Anda?

ngopiTECH 09 July 2019 16:06 WIB

Pada era saat ini, digital marketing merupakan strategi marketing yang harus diterapkan pada setiap bisnis yang ingin bertahan di tengah dinamisnya perkembangan teknologi digital.

Jika dahulu banyak perusahaan yang mengandalkan koran, televisi, radio dan baliho kini Kita dapat memaksimalkan media sosial dan mesin pencari untuk mengenalkan brand atau produk. Baik yang bisa dilakukan secara gratis atau dengan memanfaatkan iklan digital berbayar.

Banyak manfaat yang didapat perusahaan jika memanfaatkan channel digital sebagai media pemasaran dibanding channel offline marketing, antara lain :

Sumber Informasi Utama Konsumen

Menurut hasil riset We Are Social, pada Januari 2019 pengguna internet dan pengguna aktif  media sosial di Indonesia sekitar 150 juta atau 56% dari populasi penduduk Indonesia.

Dengan kondisi seperti ini, media sosial dan mesin pencari menjadi salah satu media efektif dalam mempromosikan brand dan produk Anda karena mayoritas konsumen akan berusaha mencari informasi terlebih dahulu melalui internet sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk/jasa.

Masyarakat modern selalu memanfaatkan mesin pencari khususnya Google untuk mencari informasi sebelum melakukan pembelian produk dan jasa. Dengan hanya memasukkan kata kunci, konsumen dapat memperoleh ribuan hasil pencarian seputar produk yang dicari dan melakukan perbandingan. Pebisnis tentunya dapat memanfaatkan fenomena ini untuk membangun brand awareness produk melalui konten blog, PPC (Pay per Click), maupun strategi SEO, demi memastikan website bisnisnya mudah dijangkau konsumen di mesin pencarian.

Hemat Biaya

Manfaat digital marketing yang paling bisa Anda rasakan adalah biayanya lebih murah. Anda bisa menghemat biaya ketika melakukan promosi digital marketing dibandingkan promosi menggunakan media konvensional seperti televisi, radio, spanduk, atau lain sebagainya. Promosi menggunakan media internet jauh lebih menghemat biaya.

Sebut saja memanfaatkan media sosial, Youtube dan Google Search yang memungkinkan setiap penggunanya mempublikasi informasi secara masif dan murah, bahkan gratis. Hal ini pastinya akan mengurangi biaya marketing perusahaan Anda

Dampak jangka panjangnya adalah produk dapat dikenal secara luas tanpa harus mengeluarkan banyak uang ekstra. Selain itu, media online juga berperan sebagai image yang ingin ditunjukkan oleh perusahaan.

Tingkat Keberhasilan Terukur

Pengukuran Keberhasilan Digital Marketing Lebih Lengkap dan Akurat, Mengenai pengukuran efektivitas iklan, tentunya digital marketing dinilai jauh lebih akurat dan lengkap. Berbagai tools bisa kita manfaatkan untuk mengukur hasil digital marketing dengan lebih akurat seperti menggunakan Google Analytics, Social Media Analytics maupun Facebook Pixel.

Selain itu, metrik pengukurannya juga lengkap dan mudah dianalisa. Kita bisa mengukur seberapa banyak iklan yang ditampilkan di matrix tersebut, jumlah pengunjung yang mendaftar pada website, demografis pengunjung, jumlah unduhan, hingga berbagai respon konsumen mengenai promosi atau iklan.

Meningkatkan Kepercayaan dan Loyalitas Konsumen

Digital marketing memungkinkan suatu perusahaan untuk meningkatkan awareness dan loyalitas konsumen. Dalam hal ini tim digital marketer bisa menunjukkan bagian-bagian humanis dari perusahaan. Seperti misalnya pembuatan video web series di youtube yang kini cukup banyak ditemui, hal itu sebenarnya bertujuan untuk menunjukkan jati diri perusahaan tentang kepeduliannya terhadap dampak sosial dari produk Anda.

Dengan cara ini, perusahaan mampu mempromosikan brand dan produk tanpa harus terlihat sedang berjualan. Dalam kata lain, pengemasan digital marketing yang kreatif dapat mempengaruhi keputusan membeli konsumen  hingga akhirnya mendapat kepercayaan dan loyalitas.

Untuk dapat bertahan di ketatnya persaingan bisnis, Anda harus mampu menerapkan strategi pemasaran berbasis teknologi yang mampu menjangkau target konsumen dengan cara yang praktis dan menyenangkan. Jadi, tunggu apa lagi, segera terapkan strategi digital marketing pada perusahaan Anda.

Penulis : D~NET

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

12 Oct 2019 09:00 WIB

Memaksimalkan Google Search Console untuk Website Perusahaan

ngopiTECH

Apakah setiap website yang dibuat pasti tampil di Google ?

09 Jul 2019 11:24 WIB

NgopiTECH, Kanal Baru di Ngopibareng

ngopiTECH

Kanal ini akan membahas teknologi informasi untuk menunjang bisnis

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.