Pengakuan seorang perempuan di Makassar sebagai Yahudi sambil merobek Alquran. (Foto: Dok @makassar__iinfo)

Mengaku Yahudi, Seorang Wanita di Makassar Diserbu Warga

Kriminalitas 10 July 2020 11:30 WIB

Sebuah video viral beredar di media maya datang dari Makassar, Sulawesi Selatan. Video tersebut diunggah akun Instagram @makassar_iinfo. Dari caption yang ditulis pemilik akun, diketahui sejumlah ibu-ibu datang menyambangi rumah seorang perempuan.

Rupanya perempuan tersebut sebelumnya melempar dan mengancam merobek al-quran. Para ibu sebagian besar berbaju daster mendesak perempuan itu keluar dari rumahnya. Tampak pula seorang pria berbaju biru berusaha menahan amarah mereka.

“Kau Yahudi, tidak boleh kau begitu,” kata salah satu dari mereka. Terdengar pula suara riuh para ibu menyertai. Mereka tampak kesal dengan menunjuk perempuan tersebut. Beruntung, ternyata perempuan tersebut telah diamankan petugas yang berwenang.

Sejak diunggah, ada sebanyak 68 ribu viewer dan 1.600 lebih komentar. Tanggapan warganet pun beragam. Ada yang menyarankan dicari tahu dulu akar permasalahannya. “Sebaiknya dicari tahu dulu asal masalahnya di mana, Atau bagaimana kebenarannya supaya utuh sebelum diaplod min,” tulis akun @fajrinaji di kolom komentar.

Ada pula yang salut dengan aksi para ibu yang tidak anarkis. Akun bernama @elly.hera_ menulis, “Untung masih baik tuh emak-emak. Gimana kalau udah memuncak emosinya,”.

Selain itu, warganet yang lain mengingatkan pentingnya toleransi. “Inilah gunanya toleransi biar bisa sama-sama ngehargai kepercayaan dan agama masing-masing,” komentar pengguna @iilhamanr_.

Terakhir, salah satu pengguna menyoroti para ibu yang beraksi. Akun @baim.ibrahim27 berpendapat, “Emak PKK+berdaster+rambut warna warni = true damage,”.

Penulis : M. Rizqi

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

13 Aug 2020 14:45 WIB

Melukis Proklamator 33 Menit untuk HUT RI ke-75

Seni dan Budaya

Eggy Yunaedi melukis Proklamator hanya 33 menit.

13 Aug 2020 14:30 WIB

3 Orang Tewas di India, Pelaku Diduga Hina Nabi Nabi Ditangkap

Internasional

Status FB diduga hina Nabi Muhammad picu kerusuhan di India.

13 Aug 2020 14:15 WIB

Film The Birth of a Nation: Aksi Perjuangan Kebebasan Budak

Film

Perjuangan budak kulit hitam dalam film The Birth of a Nation.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...