Fernando Hierro saat memimpin latihan perdana Timnas Spanyol di Rusia. foto:reuters

Mendadak Jadi Pelatih Spanyol, Hierro: Saatnya Cerdas, Tidak Ada Waktu Mengeluh..!!

14 Jun 2018 06:36

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Seperti mimpi, Fernando Hierro tak menyangka menjadi pelatih baru timnas Spanyol  dua hari sebelum bertempur di Piala Dunia 2018. Mantan pemain Real Madrid ini resmi berbicara kepada pers di Krasnodar, Kamis 14 Juni 2018, dini hari WIB.

Hierro mengaku optimistis dalam menatap langkah ke depan di Piala Dunia 2018, meski hanya punya waktu bekerja dua hari. Dalam pernyataan, Hierro lebih benyak membakar semangat pemain Matador. Berikut kalimat lengkapnya:

"Ini tantangan yang indah dan menarik. Situasinya seperti apa adanya dan saya menerima tanggung jawab ini dengan keberanian. Semua anggota tim punya antusiasme dan saya tidak bisa mengecewakan mereka. Saya juga ingin memberi ucapan selama bekerja buat Julen Lopetegui di tempat yang baru."

"Anda tidak bisa membuat perubahan dalam dua hari atas kerja dua tahun terakhir (Lopetegui). Kami tahu sudah sangat dekat dengan pertandingan pertama, sehingga harus berpikir koheren dan cerdas."

"Dalam beberapa waktu terakhir kami semua sudah bekerja keras. Sekarang kami minta para pemain untuk menjadi diri sendiri. Kami punya tantangan yang bagus selama di Rusia ini."

"Dua orang lagi akan tiba untuk bergabung dalam staf pelatih. Kami harus kerjakan apa yang harus dikerjakan. Tujuan kami adalah memenangi Piala Dunia dan itu yang saya sampaikan kepada para pemain. Kami menerima semua tanggung jawab."

"Kami akan membuat kesalahan jika berpikir mengenai masa lalu, bukan masa depan. Kami punya perasaan yang tenang dan bertindak positif dan berani. Kami datang untuk bersaing di Piala Dunia ini."

"Jika pemain tidak yakin, mereka tidak akan ada di sini. Mereka semua adalah pemain profesional dan hebat. Mereka tahu harus bermain seperti apa. Kami tidak boleh ragu dengan hal itu."

"Buat saya ini adalah kenyataan. Saya punya pilihan untuk menolak mengambil jabatan ini. Tapi saya tidak punya keraguan dan tidak bisa mengatakan tidak. Kalau itu saya lakukan, maka saya tidak bisa memaafkan diri sendiri."

"Julen Lopetegui menelepon saya dan mengucapkan selamat tinggal. Kamipun tidak punya waktu untuk mengeluh. Harus dewasa dan menunjukkan kematangan."

"Saya katakan kepada para pemain bahwa ada tantangan menarik di dapan. Kami tidak memikirkan apapun yang membuat kami keluar dari meraih mimpi."

"Saya punya pengalaman satu tahun sebagai pelatih Real Oviedo. Saya juga pernah menjadi asisten pelatih Real Madrid. Selebihnya 30 tahun hidup saya selalu dikelilingi sepak bola. Kami punya peluang besar dan butuh upaya serta dukungan dari semua orang." (tom)