Menang Dramatis atas Mitra Kukar, Persija Jakarta Juara Liga 1

09 Dec 2018 18:07 Liga Indonesia

Persija Jakarta resmi menjadi juara Liga 1 2018. Itu setelah mengalahkan Mita Kukar dengan skor dramatis 2-1, di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu 9 Desember 2018.

Dua gol dari Marco Simic pun mampu membawa Persija menang atas Mitra Kukar. Sementara satu gol balasan Mitra Kukar dicetak oleh Aldino Herdianto.

Persija mengumpulkan 62 poin, unggul satu poin atas PSM Makassar, yang sore hari ini meraih kemenangan besar 5-1 atas tamunya PSMS Medan.

Tim Macan Kemayoran ini memang layak menjadi juara Liga 1 musim ini. Pasalnya tim asuhan Stefano Cugurra 'Teco' ini mendominasi permainan sejak menit awal.

Masuk menit ke-15, Persija mampu membuka keunggulannya melalui titik putih. Setelah Saepuloh Maulana melanggar Marko Simic dan wasit Prasetyo Hadi memberika penalti kepada tuan rumah.

Penyerang asal Kroasia itu menjadi eksekutor tendangan 12 pas yang mampu membobol gawang Yoo Jaehoon. Skor sementara 1-0 pun tak berubah hingga akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua Persija tidak menurunkan tempo pertandingan. Riko Simanjuntak terus menerus menghadirkan ancaman ke pertahanan Naga Mekes (julukan Mitra Kukar).

Namun sayang, sejuta peluang yang dihadirkan itu tidak mempu berbuah gol. Malah Mitra Kukar berhasil mencuri kesempatan melalui Mauricio Leal, namun laju bola yang tidak kencang masih dapat diamankan kiper Persija, Andritany.

Masuk menit ke-59 tuan rumah mampu menggandakan keunggulan. Lagi-lagi Marco Simic yang mencatatkan namanya di papan skor.

Berawal dari tendangan sudut coba diredam Leal dengan menendang bola. Namun bola yang melambung tinggi justru dimanfaatkan dengan baik oleh Simic.

Dalam gol tersebut, sempat terjadi protes dari para pemain Mitra Kukar. Mereka menilai ada pelanggaran sebelumnya dari Ramdani Lestaluhu yang dianggap menghalangi kiper Mitra Kukar Yoo Jaehoon saat akan menangkap bola.

Protes bahkan sempat dilakukan oleh pelatih Mitra Kukar Rahmat Darmawan atas gol ini. Tapi sayang wasit asal Jawa Timur itu tetap menilai tandukan Simic gol, dan membuat tim kebanggaan The Jakmania itu unggul 2-0.

Setelah unggul 2 gol, Mitra Kukar mendapat peluang memperkecil kedudukan. Pasalnya mereka mendapatkan hadiah penalti, setelah Rohit Chand handsball di dalam kotak 16.

Fernando Rodriguez Ortega yang maju sebagai algojo tidak mampu menaklukkan Andritany. Bola yang ditempatkan ke sisi kanan gawang dapat dibaca dan kemudian ditepis oleh kiper Timnas Indonesia itu.

Baru pada menit ke-88, Mitra Kukar memperkecil ketertinggalan melalui Aldino Herdianto. Ia mampu melepaskan tembakan jarak jauh yang gagal ditepis Andritany.

Skor 2-1 menjadi hasil akhir, sekaligus memastikan Persija meraih gelar juara Liga 1 2018. Tim Macan Kemayoran ini berada di puncak klasemen dengan 62 poin, unggul satu poin atas PSM Makassar. (hrs)

Penulis : Haris Dwi
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini