Membuka Kongres, Mega Secara Khusus Sapa Prabowo dan Ahok

08 Aug 2019 13:25 Politik

Prabowo Subianto dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) disebut secara khusus oleh Ketua Umum PDI Perjuangan saat pembukaan kongres ke V yang digelar di Inna Bali Beach Hotel, Kamis 8 Agustus 2019.

Memulai sambutannya, Mega awalnya menyapa satu persatu undangan yang hadir. Dimulai dari Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla; lantas menyapa Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan KH Ma'fur Amin.

Selanjutnya, Mega juga menyapa menteri kabinet kerja serta para ketua umum partai dan para sekjen. Namun Mega tidak menyebut nama untuk menteri kabinet kerja serta ketua umum partai. Mega hanya menyebut secara khusus nama Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum Partai Gerindra.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih banyak atas kehadirannya senior partai yang jadi saksi perjuangan PDIP, para ketum partai dan sekiranya beserta sekjen partai, termasuk Ketum Gerindra Bapak Prabowo Subianto yang juga berkenan hadir menghangatkan kongres kelima PDIP," kata Mega dari atas podium.

"Saya katakan, Mas kalau mau hadir ya ndak papa, eh ternyata beliau mau hadir. Kan capek ya kalau disuruh namanya tempur terus. Nanti tempur lagi di 2024," kata Mega.

Selain menyebut nama Prabowo, Mega juga menyebut nama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). "Di sini juga ada, sudah jadi kader PDI Perjuangan, namanya BTP, Basuki Tjahaja Purnama, terkenal namanya Ahok," sebut Mega.

Saat namanya disebut, Ahok yang datang dengan mengenakan pakaian kader PDI Perjuangan tampak langsung berdiri.

"Kita ini bicara Pancasila, gotong-royong katanya itulah dasar falsafah negara kita. Terus masak ngak boleh, namanya Aseng mau Ahok mau Bajo, kalau dia WNI, ya sudahlah," kata Megawati.

Sementara itu, pembukaan kongres kali ini dimulai pada pukul 13.00 Wita yang diawali dengan tarian selamat datang, lagu kebangsaan, mars partai, himne partai, dan seremoni pembukaan.

Dalam kongres kali ini, kemungkinan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan dikukuhkan kembali untuk memimpin partai banteng moncong putih ini.

"Pada malam hari nanti sesuai dengan jadwal acara untuk pengukuhan kembali Ibu Megawati sebagai Ketua Umum DPP PDI Perjuangan," kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, sesaat sebelum kongres dimulai.