Para penumpang yang akan menaiki pesawat melalui Bandara Internasional Juanda. (Foto: Istimewa)

Memasuki Musim Hujan, Bandara Juanda Siapkan Langkah Antisipasi

29 Oct 2020 15:59

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Bandara Internasional Juanda mempersiapkan langkah antisipatif guna menyambut musim hujan yang diprediksi terjadi pada awal Bulan November 2020 mendatang.

PTS General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, MMA. Indah Preastuty mengatakan, salah satu tindakan antisipasi tersebut yakni berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Menyambut musim hujan di awal November,  selaku pengelola bandara, Kami berkordinasi dengan BMKG, Airnav, dan Kantor Otoritas Bandara Wilayah III terkait pemantauan cuaca secara berkala,” kata Indah, kepada awakmedia, Kamis 29 Oktober 2020.

Selain itu, lanjut Indah, pihak pengelola juga telah melakukan pengecekkan serta pembersihan seluruh saluran pembuangan air yang ada di Bandara Internasiol Juanda untuk antisipasi terjadinya banjir saat hujan.

“Serta memastikan pengawasan dan pemeliharaan pekerjaan, baik di area sisi darat maupun sisi udara, berjalan sesuai prosedur keamanan dan keselamatan kerja,” ungkapnya.

Menurut Indah, permasalahan penerbangan yang sering terjadi saat musim hujan tiba adalah berubahnya kondisi langit setiap saat. Hal tersebut nantinya bakal berdampak menurunnya jarak pandang.

“Kondisi yang umum terjadi saat cuaca buruk musim hujan adalah jarak pandang visual yang berkurang karena tingginya curah hujan, kabut, atau kondisi sejenis yang mengakibatkan menurunnya kemampuan pandang,” jelasnya.

Oleh karena itu, kata Indah, demi keselamatan penerbangan, pengelola Bandara Internasional Juanda mengimbau agar para pilot mengalihkan pendaratan di Bandara terdekat saat terjadi cuaca buruk.

“Untuk itu dari aspek operasional, terutama ketersediaan area parkir pesawat dan ruang tunggu bandara, kami pun telah menyiapkan jika hal tersebut (pengalihan pendaratan) terjadi,” tutupnya.