Google Search Console Dashboard

Memaksimalkan Google Search Console untuk Website Perusahaan

ngopiTECH 12 October 2019 09:00 WIB

Salah satu media digital marketing yang dapat dimanfaatkan perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan branding adalah website. Dengan meningkatnya pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya (171 Juta jiwa di akhir tahun 2018 menurut survey APJII), website merupakan media yang sangat efektif dalam menjangkau konsumen kapan pun dan di manapun berada.

Dan yang tak kalah pentingnya, website merupakan media agar brand dan perusahaan Anda bisa tampil di mesin pencari seperti Google. Website berfungsi sebagai landing page yang menampilkan informasi perusahaan, produk dan jasa ketika pengguna internet mencari informasi di Google.

Apakah setiap website yang dibuat pasti tampil di Google? Jawabanya tidak. Apalagi tampil di halaman pertama hasil pencarian Google.

Banyak hal yang perlu dilakukan agar web perusahaan Anda bisa optimal di Google. Mulai memilih server hosting/VPS yang cepat, konstruksi website yang Google friendly sampai konten yang relevan dengan apa yang dicari konsumen.

Salah satu tool yang bisa membantu perusahaan meningkatkan performa di hasil penelusuran Google adalah Google Search Console. Layanan gratis ini memuat banyak fitur dan laporan yang membantu mengukur traffic dan performa penelusuran situs bisnis Anda, memperbaiki masalah, dan menjadikan situs Anda menonjol di hasil Google Penelusuran.

Beberapa manfaat Google Search Console yang perlu Anda ketahui adalah :

Analisa Penelusuran

Anda bisa mengoptimalkan konten Anda dengan Analisis Penelusuran ini. Anda bisa melihat kueri mana yang menarik pengguna ke situs Anda. Dan juga fitur ini membantu Anda dalam menganalisis jumlah tayangan, klik, dan posisi situs Anda di hasil penelusuran Google.

Memunculkan Konten di Google

Bagi Anda yang baru membuat website dan ingin situs cepat ter-index di Google, salah satu caranya adalah dengan mengirim peta situs dan setiap URL untuk di-crawl melalui Google Search Console ini. Selanjutnya, Anda bisa meninjau halaman mana saja yang sudah terindeks.

Pemberitahuan masalah dan perbaiki situs Anda

Selain dua hal di atas, salah satu manfaat jika menggunakan Google Search Console adalah Anda akan mendapatkan pemberitahuan saat Google mengidentifikasi masalah di situs Anda. Seperti ada serangan malware, website yang kurang optimal jika tampil di mobile phone hingga halaman website yang gagal terindex Google.

Demikian ulasan bagaimana meningkatkan performa website bisnis Anda dengan memanfaatkan Google Search Console. Selain gratis, fitur ini sangat membantu dalam menganalisa website Anda agar mudah tampil di hasil penelusuran Google.

Penulis : D~NET

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

31 Mar 2020 07:24 WIB

Kemulian Seorang Hamba, Makin Dekatlah kepada Allah

Khazanah

Pesan keindahan Islam "Hujjatul Islam", Imam Al-Ghazali

23 Mar 2020 11:19 WIB

Perang Lawan Virus Corona, Ini Pesan Khusus SBY

Nasional

Seperti negara lain, "lockdown" dilakukan hanya jika terpaksa

09 Mar 2020 03:18 WIB

Tanda Allah Berpaling dari Seorang Hamba, Terlihat Sepele

Islam Sehari-hari

Mendirikan shalat dan menunaikan zakat, utamanya Rukun Islam

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.