Sebuah robot yang dibuat dari limbah suku cadang kendaraan bermotor di Ban Hun Lek, atau Rumah Robot Baja, di Provinsi Ang Thong, Thailand tengah. (Foto:Antara/Xinhua)

Melihat Karya Seni dari Barang Bekas di Ban Hun Lek, Thailand

Ngopi Foto 06 June 2020 11:57 WIB

Thailand punya destinasi wisata menarik. Namanya Ban Hun Lek, atau House of Steel Robots, atau rumah robot metal. Lokasinya di Provinsi Ang Thong, Thailand tengah.

Didirikan pada tahun 2000, Ban Hun Lek sebenarnya adalah sebuah bengkel yang khusus membuat karya seni dari potongan-potongan metal serta onderdil bekas kendaraan bermotor.

Tapi karena karya para seniman itu terus dilahirkan, dengan kwalitas yang lumayan, maka akhirnya bengkel ini jadi tujuan wisata. Mula-mula wisatawan lokal, kemudian berkembang jadi tujuan wisatawan manca negara karena bantuan para pemandu wisata.

Kreativitas semacam ini sebenarnya sering dilakukan oleh seniman di Indonesia. Persoalannya cuma pada masalah fokus dan keseriusan saja.   

Berikut beberapa foto dari karya seni metal yang ada di Ban Hun Lek.

Seorang seniman sedang mengelas untuk menyelesaikan sebuah robot yang dibuat dari limbah suku cadang kendaraan bermotor di Ban Hun Lek atau Rumah Robot Baja di Provinsi Ang Thong Thailand tengah FotoAntaraXinhuaSeorang seniman sedang mengelas untuk menyelesaikan sebuah robot yang dibuat dari limbah suku cadang kendaraan bermotor di Ban Hun Lek, atau Rumah Robot Baja, di Provinsi Ang Thong, Thailand tengah. (Foto:Antara/Xinhua)
Anakanak sedang menikmati dengan duduk di robotrobot  yang dibuat dari limbah suku cadang kendaraan bermotor di Ban Hun Lek atau Rumah Robot Baja di Provinsi Ang Thong Thailand tengah FotoAntaraXinhuaAnak-anak sedang menikmati dengan duduk di robot-robot yang dibuat dari limbah suku cadang kendaraan bermotor di Ban Hun Lek, atau Rumah Robot Baja, di Provinsi Ang Thong, Thailand tengah. (Foto:Antara/Xinhua)
Inilah robotrobot  yang dibuat dari limbah suku cadang kendaraan bermotor di Ban Hun Lek atau Rumah Robot Baja di Provinsi Ang Thong Thailand tengah FotoAntaraXinhuaInilah robot-robot yang dibuat dari limbah suku cadang kendaraan bermotor di Ban Hun Lek, atau Rumah Robot Baja, di Provinsi Ang Thong, Thailand tengah. (Foto:Antara/Xinhua)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Sep 2020 23:15 WIB

Tol Manado-Bitung Diresmikan, Sulut Akan Berkembang Cepat

Nasional

Peresmian dilakukan secara virtual dengan tetap menerapkan protokol kesehata.

29 Sep 2020 22:58 WIB

Viral, Musala di Tangerang Dirusak Al Quran Dicoret

Reportase

Coretan berisi kallimat ujaran kebencian.

29 Sep 2020 22:30 WIB

Disambati Petani, Calon Bupati Kediri Janjikan BPJS

Pilkada

Cabup Kediri disambati harga sayur anjlok di masa pandemi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...