Mekari Indonesia menunjukan keempat layanan aplikasinya untuk mendukung perkembagan usaha di Indonesia. (Foto: Pita/ngopibareng.id)

Mekari, Tawarkan Aplikasi untuk Perusahaan dengan Berbasis Cloud

Teknologi dan Inovasi 15 July 2019 14:07 WIB

Perkembangan era 4.0 membuat semua pihak mempelajari dunia digital. Termasuk dunia industri kreatif yang terus berkembang setiap tahunnya dipaksa untuk beralih ke digital, baik dari segi pemasaran maupun manajemen.

Melihat potensi ini, Mekari Indonesia yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Sofware as a Service menawarkan empat aplikasi. Ini bisa diperuntukan untuk manajemen perusahaan maupun manajemen tenaga kerja bagi suatu perusahaan.

"Empat layanan tersebut yaitu Sleekr dan Talenta sebagai software Human Resource Information System (HRIS), Jurnal. Id sebagai software akuntansi, serta layanan dari Klikpajak sebagai software pengelolaan pajak perusahaan," jelas Rivan Siswoyo, Marketing Associate Mekari Indonesia.

Rivan Siswoyo menuturkan, kempat layanan ini sudah menggunakan sistem Cloud dimana semua aplikasinya dapat terintegrasi oleh aplikasi-aplikasi lain secara online.

"Dengan sistem Cloud ini tentunya memudahkan untuk tidak bekerja dua kali, jadi setelah input, data-data tersebut bisa langsung terkoneksi satu sama lain," ujar Rivan kepada ngopibareng.id. Senin 15 Juli 2019.

Selian itu, lanjut Rivan Siswoyo, setiap layanan aplikasi memiliki keunggulan masing-masing. Misalnya, Jurnal.id didesain untuk pemula, jadi yang tidak memiliki basic accounting pun bisa menggunakannya.

Aplikasi  Jurnal Mekari Indonesi Foto PitangopibarengidAplikasi Jurnal Mekari Indonesi. (Foto: Pita/ngopibareng.id)

Seperti diketahuhi, laporan akutansi sangat rumit sekali. Namun sistem Jurnal. Id memudahkan para akuntan dengan cara menginput pengeluaran dan pemasukan, selebihnya aplikasi ini yang akan membuat dan merapikan laporan tersebut.

Tak hanya itu, Sleekr dan Talenta juga memiliki keunggulan yaitu, sistem absensi secara online dan tidak dapat dilakukan dimanapun. "Ini tentunya akan memudahkan bagi para perkerja di lapangan mereka tidak harus ke kantor, tapi pihak kantor juga dapat melihatn lokasi karyawannya dengan aplikasi ini," imbuh Rivan Siswoyo. 

Sleekr dan Talenta hanya memiliki perbedaan dalam kapasitas karyawan, untuk sleekr hanya dapat digunakan perusahaan yang memiliki karyawan kurang dari 500, sedangkan talenta dapat digunakan oleh perusahaan dengan pekerja lebih dari 500.

Rivan Siswoyo menambahkan, untuk keamanan aplikasi ini sudah setara dengan standart keamanan di bank. "Untuk keamanan kami sudah terferifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan setara dengan keamanan di Bank," tambahnya. 

Saat ini, keempat layanan aplikasi yang dimiliki Mekari ini masih dijual terpisah atau sesuai dengan kebutuhan sebuah perusahaan. Rivan menjelaskan bahwa aplikasi ini memang ditujukan bagi para pelaku usaha yang sudah teredukasi akan pentingnya suatu laporan keuangan dan manajemen. 

"Untuk pemula memang ini tidak disarankan, tapi tidak menutup kemungkinan hal itu terjadi," pungkasnya.

Penulis : Pita Sari

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jul 2020 05:30 WIB

Muhammadiyah Salurkan Bantuan Bagi Pengungsi Rohingya di Aceh

Khazanah

Wujudkan Ta'awun Universal

05 Jul 2020 02:28 WIB

Belajar Dulu Baca Al-Quran kepada Ahlinya, Sebelum Jadi Ustadz

Islam Sehari-hari

(Sebuah Catatan untuk Felix Siauw)

05 Jul 2020 01:59 WIB

Mina Vs Jimin AOA, Korban Bully Selama 10 Tahun

ngopiK-pop

Mina mengaku jadi korban bully rekannya, Jimin di girl group AOA.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...