Unggahan hoaks tentang Megawati menyuap Ketua KPU Arief Budiman. (Istimewa)

Megawati Suap Ketua KPU Rp 2 Triliun, Hoaks

Nasional 20 January 2020 13:13 WIB

Kamis pekan lalau ada unggahan di Facebook, bunyinya Ketua KPU RI Arief Budiman menerima suap dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) beredar di media sosial Facebook. Tentu saja unggahan ini segera jadi viral, seiring dengan merebaknya OTT Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

Berikut bunyi lengkap unggahan di Facebook itu.

"Info terhangat, silahkan klik, KETUA KPU ARIEF BUDIMAN mengakui BAHWA dia disuap oleh KETUA UMUM PDIP ibu megawati soekarnoputri seharga 2 TRILIUN.
Arif BUDIMAN jUga mengakui diancam untuk memenangkan PDIP dipilpres 2019.
"

Selain narasi, akun Facebook tersebut juga menyematkan tautan artikel dari sebuah media nasional berjudul "Megawati Menyuap Ketua KPU Arief Budiman Rp2 Triliun? Ini Faktanya".

Kiriman yang telah enam kali dibagikan ulang yang diunggah pengguna Facebook dengan 5.988 pengikut itu, hingga Jumat 17 Januari,  sudah memperoleh 13 penanggap serta lima komentar.

Apakah benar innformasi di medsos ituBerdasarkan penelusuran Antara, artikel berjudul Megawati Menyuap Ketua KPU Arief Budiman Rp 2 Triliun? Ini Faktanya  itu merupakan konten cek fakta yang dipublikasikan situs berita Medcom.id.

Artikel yang dimuat pertama kali pada 13 Januari 2020 dalam Medcom.id itu memang tidak mengalami perubahan judul ketika ditautkan dalam unggahan akun Facebook.

Namun, narasi yang mengikuti tautan di Facebook tidak sesuai dengan isi artikel.

Pemilik akun, dalam narasi itu, menyebutkan Ketua KPU RI Arief Budiman mengaku diancam dan memperoleh uang dari petinggi partai bergambar banteng moncong putih.

Padahal, artikel Medcom.id itu sebenarnya justru mengklarifikasi kabar bohong atau hoaks dengan narasi sejenis yang disebarkan akun Facebook tersebut. 

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2020 12:38 WIB

Virus Corona, Diimbau Tak Salat Jumat Berjemaah di Masjid Iran

Internasional

Imbauan tak salat jumat berjemaah untuk menekan penularan virus corona.

28 Feb 2020 12:20 WIB

Polda Jatim Tangkap Tersangka Baru Kasus Carding

Kriminalitas

Meiliana Kurniawan, tersangka kasus carding, diamankan di Medan.

28 Feb 2020 12:10 WIB

Lima Fakta Larangan Umrah ke Arab Saudi

Internasional

Arab Saudi mencegah penyebaran corona dengan membatasi kegiatan umrah.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.